Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Indonesia Bertutur Bentuk Komitmen Pemajuan Kebudayaan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widodo-bogiarto-1'>WIDODO BOGIARTO</a>
LAPORAN: WIDODO BOGIARTO
  • Kamis, 26 September 2024, 21:38 WIB
Indonesia Bertutur Bentuk Komitmen Pemajuan Kebudayaan
Direktur Perfilman, Musik, dan Media Ditjen Kebudayaan Kemdikbudristek Ahmad Mahendra/Ist
rmol news logo Direktorat Perfilman, Musik, dan Media Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) berhasil meraih penghargaan Outstanding in Indonesian Art and Culture Advancement dalam ajang CNN Indonesia Awards 2024 ketujuh.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Direktur Utama CNN Indonesia Titin Rosmasari kepada Direktur Perfilman, Musik, dan Media Ditjen Kebudayaan Kemdikbudristek Ahmad Mahendra pada acara puncak yang berlangsung di The Westin Surabaya, pada Rabu malam (25/9).

Direktur Perfilman, Musik, dan Media, Kemendikbudristek, Ahmad Mahendra mengatakan, penghargaan ini menjadi pemicu Direktorat Perfilman, Musik, dan Media, Kemendikburistek untuk menyusun program pemajuan kebudayaan yang lebih masif setiap waktunya. 

"Seperti pelaksanaan Indonesia Bertutur yang kami persiapkan dengan matang sebagai bentuk komitmen pada pemajuan kebudayaan," kata Mahendra, dalam siaran persnya, Kamis (26/9).

Mahendra mengaku bangga dengan kesuksesan Indonesia Bertutur 2024 yang berpengaruh besar dalam mendorong karya produksi dan pengetahuan budaya kepada generasi muda.

"Sehingga menjadi modal berharga dalam upaya pemajuan kebudayaan nasional," kata Mahendra.

Kata Mahendra, penghargaan yang diterima tahun ini menjadi pijakan pemerintah untuk menyajikan kerja kebudayaan yang lebih baik lagi agar dapat berkelanjutan dan diterima kalangan masyarakat.

Untuk diketahui, Indonesia Bertutur merupakan mega festival kebudayaan yang berupaya menggali dan melestarikan nilai-nilai budaya warisan bangsa melalui film, musik, media, dan seni pertunjukan. 

Tahun ini Indonesia Bertutur mengusung tema "Subak: Bersama Menuju Harmoni" yang berlangsung di tiga lokasi yaitu Batubulan, Ubud, dan Nusa Dua, Bali, pada 7-18 Agustus 2024. 

Mega festival dua tahunan ini menampilkan lebih dari 100 karya dari 900 pelaku budaya dalam dan luar negeri serta dihadiri sebanyak 30.609 pengunjung.rmol news logo article



Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA