Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

DKI Gratiskan Warga Terdampak Kebakaran Manggarai Tempati Rusun

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widodo-bogiarto-1'>WIDODO BOGIARTO</a>
LAPORAN: WIDODO BOGIARTO
  • Selasa, 10 September 2024, 04:26 WIB
DKI Gratiskan Warga Terdampak Kebakaran Manggarai Tempati Rusun
Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono di bekas lokasi kebakaran di Manggarai/Ist
rmol news logo Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menyerahkan bantuan 40 paket sembako kepada warga Manggarai yang terdampak musibah kebakaran, di Rusun Pasar Rumput, Pasar Manggis, Setiabudi, Jakarta Selatan, Senin (9/9). 

Heru mengatakan, bantuan tersebut bersinergi dengan Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) untuk meringankan beban warga.

"Ini dari APPBI yang menyumbang 450 paket bagi korban kebakaran. Saya ucapkan terima kasih. Apresiasi juga kepada Pasar Jaya dan Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan yang telah memfasilitasi warga untuk tinggal di Rusun Pasar Rumput," kata Heru.

Heru menjelaskan, sebanyak 450 warga yang diungsikan ke Rusun Pasar Rumput menempati rusun selama tiga bulan secara gratis. 

"Untuk sementara waktu, mereka belum bisa kembali ke rumahnya, diberi waktu tiga bulan menempati rusun secara gratis. Ada waktu tiga bulan untuk mereka bisa kembali ke tempat asalnya," kata Heru.

Di sisi lain, Heru menerangkan, terdapat dua konsep hunian di Rusun Pasar Rumput, di mana rusun tersebut terintegrasi dengan area pasar. Area bawah untuk pasar, sedangkan area atas untuk unit hunian.

"Rusun ini dibangun oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), tetapi dikelola oleh Pemprov DKI Jakarta," kata Heru.

Heru juga menegaskan, Pemprov DKI Jakarta telah menjalin komunikasi dengan PT Kereta Api Indonesia (KAI) terkait keberlanjutan nasib warga terdampak kebakaran yang sebelumnya menempati lahan PT KAI di Manggarai. 

Salah satu poin yang ditekankan Pemprov DKI Jakarta adalah terkait pemanfaatan lahan.rmol news logo article



Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA