Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

74 TPS di Jakarta Barat Berpotensi Kebanjiran pada Pilkada 2024

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Rabu, 14 Agustus 2024, 05:11 WIB
74 TPS di Jakarta Barat Berpotensi Kebanjiran pada Pilkada 2024
Kondisi salah satu TPS di Jakarta Barat pada pemungutan suara Pemilu 2024, Februari lalu/Istimewa
rmol news logo Sebanyak 74 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Jakarta Barat berada di lokasi rawan banjir. Karena itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jakarta Barat berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta untuk mengadakan pelatihan penanganan bencana.

"Pada Pemilu 2024 kemarin ada 74 TPS yang terkena banjir di wilayah Jakarta Barat," kata Ketua KPU Jakarta Barat (Jakbar), Endang Istianti, saat ditemui di Polres Metro Jakarta Barat, Selasa (13/8).

"Bersama-sama dengan pemangku kebijakan, bersama BPBD kami akan kembali mengadakan kegiatan pelatihan penanganan bencana," sambungnya.

Endang menjelaskan, pelatihan kebencanaan itu penting lantaran pada Pemilu 2024 lalu, petugas BPBD menjemput para pemilih dengan perahu karet menuju TPS.

Meskipun belum menentukan tanggal pelaksanaan, KPU Jakbar bersama BPBD DKI Jakarta, Polres Jakbar dan TNI akan mengadakan pelatihan penanganan kebencanaan Pilkada 2024 di Danau Citra 8, Pegadungan, Kalideres.

"Nanti kita kembali mengadakan pelatihan seperti pemilu lalu bersama-sama dengan TNI dan Polres juga di Citra 8. Kami berusaha segera, karena ternyata ini sangat penting saat bencana," ucap Endang.

Pasalnya, ketika banjir terjadi, potensi TPS dipindahkan akan semakin besar. Belum lagi jika tenda TPS hancur akibat banjir. Sehingga pelatihan kebencanaan sangat penting untuk dilakukan.

"Begitu ada bencana tidak terduga, TPS harus pindah, misalnya, jika tenda TPS sudah hancur, akhirnya kita harus pindah. Terus kita juga harus memastikan pemilih bisa tiba di TPS. Jadi itu yang harus kita upayakan," pungkas Endang. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA