Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pj Gubernur Jabar Pastikan Tak Ada Korban Jiwa dalam Gempa Kuningan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Minggu, 28 Juli 2024, 04:19 WIB
Pj Gubernur Jabar Pastikan Tak Ada Korban Jiwa dalam Gempa Kuningan
Penjabat (Pj) Gubernur Jabar, Bey Machmudin, saat meninjau salah satu korban gempa di Kuningan/Istimewa
rmol news logo Penjabat (Pj) Gubernur Jabar, Bey Machmudin, segera meninjau langsung dua titik gempa di Kabupaten Kuningan, pada Jumat (26/7).

Bey memastikan tidak ada korban jiwa akibat bencana tersebut. Kerusakan rumah warga pun masih termasuk kategori ringan.

"Saya tadi meninjau ke dua lokasi terdampak gempa Kuningan, alhamdulilah tidak ada korban jiwa dan pengungsi. Rumah warga yang terdampak teridentifikasi kerusakan ringan," kata Bey dikutip RMOLJabar, Sabtu (27/7).

Bey menyebut masyarakat tetap beraktivitas seperti biasa pascagempa terjadi. Tak hanya itu, ia mengapresiasi sistem koordinasi antara warga dan perangkat desa terkait pelaporan kerusakan.

"Tadi ada satu rumah letaknya terpencil, saya tanya kepala desa bagaimana ini bisa ketahuan rumahnya terdampak bencana? Ternyata sudah ada sistem, mereka melapor ke petugas piket desa," terang Bey.

Sistem ini membuat aparat desa dengan mudah bisa menemukan rumah yang rusak atau terdampak gempa. Hal ini menurutnya berguna bagi pendataan dan langkah asesmen yang akan dilakukan BPBD.

Selain koordinasi yang baik, solidaritas antarwarga dan aparat di lokasi terdampak juga sangat baik. 

Ia mencontohkan ada satu rumah yang sudah ditinggalkan namun balok eksterior di lantai dua terdampak gempa, warga pun bersama-sama menangani demi keamanan pemilik rumah.

"Saya melihat bahwa gotong royong  masih menjadi budaya kita dan saling menolong masih terlihat di suasana seperti ini," ujarnya.

Bey meminta masyarakat serta aparatur kewilayahan tetap bersikap waspada akan potensi munculnya gempa susulan. Bahkan dirinya meminta agar masyarakat mematuhi arahan petugas lapangan. 

Dia menambahkan, mulai Sabtu (27/7), Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) memasang alat guna mempelajari gempa yang terjadi di Kuningan.

"Memang ini dangkal ya dan kerusakannya tersebar, tapi semuanya rusak ringan," tuturnya.

BPBD Jabar mencatat ada sejumlah kerusakan ringan akibat gempa Kuningan. Adapun 10 rumah yang rusak berada di Desa Kertawirama Kecamatan Nusaherang (5 rumah), Desa Jagara Kecamatan Darma (1 rumah), Desa Windusengkahan, Desa Ciporang, Desa Purwawinangun Kecamatan Kuningan (4 rumah).

Gempa terjadi selama 3 kali, dari M 3,6 dan M 4,1 pada Kamis (25/7), dan M 3,9 Jumat siang (26/7). rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA