Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Hari Lingkungan Hidup, PLN UIP Sulawesi Gandeng Berbagai Pihak Bersihkan Pantai Layar Putih

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jonris-purba-1'>JONRIS PURBA</a>
LAPORAN: JONRIS PURBA
  • Jumat, 07 Juni 2024, 22:48 WIB
Hari Lingkungan Hidup, PLN UIP Sulawesi Gandeng Berbagai Pihak Bersihkan Pantai Layar Putih
Aksi Bersih Sampah di Pantai Layar Putih, Kota Makassar/Ist
rmol news logo Aksi bersih pantai dan olah sampah menjadi kegiatan yang dilakukan oleh pihak PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan (UIP) Sulawesi dalam rangka menyambut Hari Lingkungan Hidup se-Dunia. Kegiatan ini dilaksanakan dengan menggandeng Yayasan Konservasi Laut (YKL) Indonesia dan 37 kolaborator di Pantai Layar Putih, Kota Makassar.

Dalam waktu singkat, ratusan peserta berhasil mengumpulkan sampah 438,87 Kg yang didominasi plastik dari panjang pantai sekitar 200 meter. Peserta kegiatan dari pegawai PLN UIP Sulawesi, perwakilan pemerintah, lembaga swadaya masyarakat, komunitas, organisasi mahasiswa dan masyarakat umum.

PLH GM PLN UIP Sulawesi, Budi Ari Wibowo dalam sambutannya menyampaikan aksi bersih dan olah sampah ini dilaksanakan sebagai aksi nyata untuk memerangi permasalahan sampah di lingkungan khususnya wilayah pesisir dan laut.

"Aksi bersih pantai dari sampah plastik ini sebagai aksi  yang harus dibumikan bukan hanya pada saat memperingati hari lingkungan hidup," ujar Budi Ari Wibowo dalam keterangan tertulis, Kamis (6/6).

Budi Ari mengungkapkan, dari berbagai penelitian mengungkapkan sampah plastik sangat berbahaya bagi kelestarian laut. Bahkan mikroplastik telah ditemukan dalam tubuh ikan yang dikonsumsi setiap hari oleh masyarakat Kota Makassar.

“Aksi ini memang jangka pendek, namun jangka panjang adalah bagaimana mengubah mindset masyarakat untuk peduli lingkungan, dengan tidak membuang sampah sembarangan, khususnya sampah plastik yang sulit terurai,” pungkasnya.rmol news logo article
EDITOR: JONRIS PURBA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA