Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Selama 2023, TBC di Kota Bandung Capai 18.314 Kasus

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/achmad-rizal-1'>ACHMAD RIZAL</a>
LAPORAN: ACHMAD RIZAL
  • Jumat, 31 Mei 2024, 07:08 WIB
Selama 2023, TBC di Kota Bandung Capai 18.314 Kasus
Ilustrasi/RMOLJabar
rmol news logo Kasus tuberkulosis atau TBC di Kota Bandung tergolong tinggi. Sepanjang 2023, Dinas Kesehatan (Dinkes) mencatat 18.314 temuan.

Bersama Kementerian Kesehatan dan Badan Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID), Pemkot Bandung menggelar program Bersama Menuju Eliminasi dan Bebas dari Tuberkulosis atau TB.

Kepala Dinkes Kota Bandung, Anhar Hadian, mengakui, pihakya mengambil sejumlah langkah strategis, seperti membentuk tim percepatan penanggulangan TBC, penyediaan anggaran penanganan, hingga memasukan penanggulangan TBC dalam rencana pembangunan daerah.

"Targetnya, 2030 Kota Bandung bebas TB. Sebab itu, kerja sama ini diharapkan dapat mengakselerasi target itu," kata Anhar, di Balai Kota Bandung, seperti dikutip dari Kantor Berita RMOLJabar, Jumat (31/5).

Dalam waktu dekat, pihaknya juga akan mengakselerasi skrining untuk orang-orang kontak serumah dan kontak erat dengan pasien TBC, serta pengobatan dan pelacakan pasien mangkir terutama pada pasien TB Lintas Batas.

Dia berharap seluruh pemangku kebijakan berperan aktif dalam pencegahan dan pengendalian tuberkulosis sesuai Tupoksinya masing-masing.rmol news logo article
EDITOR: ACHMAD RIZAL

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA