Idul Adha
Dimensy.id Mobile
Selamat Idul Adha Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Lebih dari 37 Ribu Pengunjung Saksikan Puncak Perayaan Waisak 2024 di Borobudur

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Minggu, 26 Mei 2024, 05:11 WIB
Lebih dari 37 Ribu Pengunjung Saksikan Puncak Perayaan Waisak 2024 di Borobudur
Koordinator Humas Waisak Nasional Walubi 2568 BE/2024, Eric Fernardo (rompi), di Candi Borobudur/RMOLJateng
rmol news logo Puncak Perayaan Waisak 2024 berlangsung dengan meriah dan khidmat. Tercatat ada 37.029 orang yang mengunjungi Taman Wisata Candi Borobudur (TWCB) pada puncak Perayaan Waisak Nasional 2024, Kamis (23/5).

Dengan rincian, sekitar 25 ribu adalah umat Buddha dan 12.029 pengunjung dari masyarakat umum yang membeli karcis TWCB.

Menurut Koordinator Humas Waisak Nasional Walubi 2568 BE/2024 di Candi Borobudur, Eric Fernardo, angka itu di luar perhitungan awal.

Perhitungan itu didapat dari jumlah para umat Buddha maupun pengunjung umum yang hadir di hari-hari sebelumnya, baik dari rangkaian bakti sosial (baksos), penyambutan Bhikkhu Thudong dan lainnya.

“Tentu capaian ini berkat bimbingan dan arahan dari Ketua Umum DPP Walubi atau Ketua Panitia Waisak Nasional 2568 BE/2024, Hartati Murdaya," ujar Eric Fernardo, yang juga Pelaksana Harian DPP Keluarga Cendekiawan Buddhis Indonesia (KCBI), dikutip Kantor Berita RMOLJateng, Sabtu (25/5).

"Serta kerja sama dengan berbagai instansi lembaga sehingga publikasi Waisak yang gencar dapat menarik puluhan ribu umat Buddha dan pengunjung hadir ke Candi Borobudur," sambungnya.

Eric Fernardo ditunjuk oleh Ketua Umum DPP Walubi S Hartati Murdaya sebagai Koordinator Humas Waisak Nasional Walubi Candi Borobudur sejak 2022.

Saat ini, Eric kerap keliling ke berbagai Vihara, Kelenteng, Bio, Candi, Arama (She), Arama Madya (Yuan), Kuil, Cetiya, serta berbagai sekolah dan universitas menyuarakan toleransi dan kerukunan antarumat beragama.

Eric rutin menjalin komunikasi dengan para rohaniwan agama Buddha seperti Bhiksu/Bhikkhu, Bhiksuni, Rinpoche, Lama, Acarya, Fashe, Qianren, Dianchuanshi, Samanera/Sramanera, Sramaneri, Pandita, Meici, Caici/Caima, dan Caikong.

Pada Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) KCBI, 22 Mei 2024, di Hotel Grand Artos Magelang, Jawa Tengah, Eric Fernardo diberikan amanah menjadi Ketua Panitia Musyawarah Pasamuan Nasional (Munas) KCBI 2024.  rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA