Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

KIP Banda Aceh Optimistis Partisipasi Pemilih pada Pilkada 2024 Capai 80 Persen

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Rabu, 22 Mei 2024, 02:13 WIB
KIP Banda Aceh Optimistis Partisipasi Pemilih pada Pilkada 2024 Capai 80 Persen
Ketua KIP Kota Banda Aceh, Yusri Razali/RMOLAceh
rmol news logo Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Banda Aceh menargetkan partisipasi pemilih di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 dapat mencapai 80 persen. Target tersebut melampaui target partisipasi pemilih secara nasional yaitu 79,5 persen.

"Kami optimistis bisa mencapai target ini dengan berbagai langkah sosialisasi dan pendidikan pemilih yang telah kami rencanakan," ucap Ketua KIP Kota Banda Aceh, Yusri Razali, ditemui Kantor Berita RMOLAceh di Banda Aceh, Selasa (21/5).

Menurut Yusri, target partisipasi pemilih merupakan upaya untuk memastikan keterlibatan aktif masyarakat dalam proses demokrasi, sehingga pemimpin yang terpilih benar-benar mewakili kehendak rakyat.

Yusri menambahkan, pihaknya telah menyusun sejumlah strategi untuk meningkatkan partisipasi pemilih, termasuk kampanye kesadaran melalui media sosial dan penyebaran informasi secara langsung di berbagai komunitas. Pihaknya pun telah bekerjasama dengan organisasi masyarakat dan lembaga pendidikan.

"Kami ingin memastikan bahwa semua lapisan masyarakat mendapatkan informasi yang cukup dan memahami pentingnya memberikan suara mereka (pemilih)," ujarnya.

Yusri berharap partisipasi pemilih yang tinggi tidak hanya akan meningkatkan legitimasi hasil Pilkada, tetapi juga memperkuat proses demokrasi di Banda Aceh.

KIP Kota Banda Aceh juga berkomitmen untuk menjaga transparansi dan integritas dalam seluruh tahapan Pilkada. Upaya tersebut dilakukan mulai dari pendaftaran calon hingga penghitungan suara.

Dengan berbagai upaya yang telah disiapkan, Yusri berharap Pilkada 2024 dapat berjalan lancar sehingga partisipasi pemilih mencapai target yang diharapkan.

Di samping itu, Yusri mengimbau seluruh masyarakat untuk menggunakan hak pilih pada 27 November 2024. Pentingnya partisipasi aktif masyarakat dalam menentukan masa depan kota Banda Aceh melalui Pilkada.

"Sebab, menggunakan hak pilih berarti kita berpartisipasi dalam proses demokrasi dan turut serta dalam menentukan arah pembangunan daerah kita," tandasnya. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA