Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Peringatan May Day, Wakil Wali Kota Medan Berharap Buruh Makin Sejahtera

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Kamis, 02 Mei 2024, 05:18 WIB
Peringatan May Day, Wakil Wali Kota Medan Berharap Buruh Makin Sejahtera
Wakil Wali Kota Medan Aulia Rachman bersama kaum buruh di Medan/Istimewa
rmol news logo Dalam Peringatan Hari Buruh Internasional (May Day) 2024, Pemkot Medan bersama ribuan buruh di Kota Medan merayakannya dengan penuh  gembira. Peringatan May Day tersebut dihadiri langsung Wakil Wali Kota Medan, H. Aulia Rachman.

Dalam sambutanya Aulia Rachman berharap kesetaraan dan kesejahteraan buruh di kota Medan dapat terus meningkat.

"Kami di Pemerintah terus mengupayakan dan memperjuangkan agar para buruh kita mendapatkan kesetaraan dan kesejahteraan yang semakin meningkat, salah satunya melalui peningkatan UMK dan bantuan-bantuan yang diberikan Pemkot Medan kepada para buruh," kata Aulia Rachman di hadapan seribuan buruh yang hadir memadati Gelanggang Olahraga Remaja jalan Sutomo, Kecamatan Medan Timur, Rabu (1/5).

Disamping itu, Aulia Rachman juga menyampaikan saat ini Pemkot Medan terus berusaha agar fungsi pengawasan terhadap buruh diserahkan kepada Pemerintah Kota. Tujuannya agar Pemkot memiliki pengawasan yang kuat terhadap para buruh di kota Medan.

"Dari jauh hari Pak Wali Kota Medan, Bobby Nasution, ingin agar fungsi pengawasan itu diserahkan kepada Pemerintah Kota, supaya semakin kuat kita dalam membela hak-hak buruh sebagai pejuang perekonomian, karena itu point pentingnya," tutur Aulia Rachman, dikutip Kantor Berita RMOLSumut, Rabu (1/5).

"Apa yang menjadi tuntutan federasi buruh akan langsung kami bahas, mana yang bisa kami kerjakan akan langsung dikerjakan, ini semua demi kesejahteraan buruh kita," sambungnya.

Di sisi lain, Aulia Rachman juga ingin agar hak-hak buruh dapat terpenuhi seluruhnya. Seperti hak untuk mendapatkan jaminan kesehatan dan hak dalam perlindungan pekerjaan.

Untuk itu dirinya menginstruksikan kepada Perangkat Daerah terkait agar melakukan pengawasan terhadap perusahaan yang belum sepenuhnya memberikan hak karyawannya.

"Kita bersama dengan Polrestabes Medan sudah sepakat untuk melakukan pengawasan terhadap perusahaan yang belum memberikan hak berupa BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan kepada para karyawannya, kalau memang ada laporan pasti akan ada sanksi yang kita berikan," pungkas Aulia Rachman.

Dalam acara yang juga dihadiri Plh Sekda Kota Medan, Benny Sinomba Siregar; unsur Forkopimda Kota Medan; Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Medan, Illyan Chandra Simbolon; dan para ketua Serikat Pekerja/buruh tersebut juga disampaikan pernyataan sikap dari 35 serikat pekerja/buruh yang kemudian diserahkan langsung kepada Wakil Wali Kota Medan, Aulia Rachman. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA