Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menko PMK Dorong Sumbar Jadi Destinasi Penanggulangan Bencana

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Minggu, 28 April 2024, 15:38 WIB
Menko PMK Dorong Sumbar Jadi Destinasi Penanggulangan Bencana
Menko PMK Muhadjir Effendy pada Hari Kesiapsiagaan Bencana, di Sumatera Barat/Ist
rmol news logo Bencana alam merupakan ujian tak terduga. Menghadapi peristiwa seperti itu, sikap positif sangat diperlukan, daripada menyerah pada keputusasaan.

Pesan itu disampaikan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy, pada acara Puncak Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) 2024, di Padang, Sumatera Barat.

"Bencana itu bukan urusan sembarangan, jadi harus menjadi perhatian sungguh-sungguh bagi pemerintah, baik pusat, provinsi, kabupaten, kota, termasuk masyarakatnya," jelasnya, dikutip redaksi melalui keterangan tertulis, Minggu (28/4).

Sejauh ini Sumatera Barat masuk sebagai salah satu daerah rawan bencana. Sebab itu, Pemda setempat harus memiliki rencana darurat yang komprehensif dan terstruktur menghadapi berbagai jenis bencana.

"Karena itu, seluruh kekuatan harus betul-betul difokuskan untuk pencegahan risiko bencana, mulai dari anggaran, termasuk kurikulum pendidikan untuk meningkatkan sadar bencana di tengah masyarakat," ujarnya.

Menko PMK menaruh harapan besar agar Sumatera Barat bisa menjadi rujukan pencegahan dan penanganan bencana di Indonesia.

"Kalau perlu, jadikanlah Sumatera Barat sebagai destinasi wisata penanggulangan bencana, untuk belajar bagaimana menangani kebencanaan," tandas Muhadjir.rmol news logo article
EDITOR: ACHMAD RIZAL

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA