Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Gunung Ruang di Sulut Berstatus Awas

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/achmad-rizal-1'>ACHMAD RIZAL</a>
LAPORAN: ACHMAD RIZAL
  • Kamis, 18 April 2024, 09:47 WIB
Gunung Ruang di Sulut Berstatus Awas
Penampakan erupsi Gunung Ruang/RMOLJabar
rmol news logo Aktivitas Gunung Ruang di Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara (Sulut), terus meningkat dan kini naik status menjadi awas (level IV).

Penetapan status itu disampaikan Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dimulai pada Rabu (17/4) pukul 21.00 Wita.

Dikutip dari Kantor Berita RMOLJabar, Kamis (18/4), naiknya status menjadi awas ditetapkan setelah pemantauan visual dan instrumental. Hasilnya, ada peningkatan aktivitas vulkanik di gunung itu.

Kepala Badan Geologi Kementerian ESDM, Hendra Gunawan, mengatakan, sejak Selasa (16/4), aktivitas visual dan kegempaan Gunung Ruang menunjukan peningkatan signifikan.

"Ketinggian kolom erupsi cenderung meningkat dengan material erupsi berupa abu disertai lontaran batuan pijar," kata Hendra, Kamis (18/4).

Dia juga menjelaskan, jumlah gempa vulkanik dalam juga meningkat signifikan. Getaran tremor vulkanik juga terus menerus menyertai dengan amplitudo overscale.

Hal itu, lanjut Hendra, menandakan masih terjadi proses peretakan batuan disertai migrasi magma dari reservoir magma dalam ke permukaan, dalam bentuk erupsi eksplosif berselingan dengan erupsi efusif (aliran lava).rmol news logo article
EDITOR: ACHMAD RIZAL

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA