Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pemudik dari Sumatera Disarankan Menyeberang di Pelabuhan Panjang

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Senin, 15 April 2024, 09:41 WIB
Pemudik dari Sumatera Disarankan Menyeberang di Pelabuhan Panjang
Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy, berdialog dengan para pemudik/Ist
rmol news logo Pemudik dari Sumatera yang hendak menyeberang ke Pulau Jawa disarankan menggunakan Pelabuhan Panjang yang dijadikan sebagai alternatif penyeberangan Sumatera-Jawa.

Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy, mengatakan, melalui Pelabuhan Panjang, pemudik lebih menghemat waktu, BBM, dan mengurangi kelelahan.

"Khususnya pemudik dari atau yang melewati Bandar Lampung,” kata Muhadjir, lewat keterangan tertulis, Senin (15/4).

Lebih lanjut dijelaskannya, pemudik dari arah Bandar Lampung akan memakan waktu lebih singkat menuju Pelabuhan Panjang dibanding Pelabuhan Bakauheni dan BBJ.

Meski waktu tempuh penyeberangan ke Pulau Jawa relatif lebih lama, pemudik dapat memanfaatkan untuk beristirahat selama di kapal dan menikmati perjalanan dengan lebih santai.

“Memang ada waktunya lebih panjang di laut, tetapi itu justru bagus untuk santai-santai, untuk menikmati suasana arus balik, daripada capek-capek di jalan, saya kira lebih bagus beristirahat di kapal,” ungkapnya.

Pelabuhan Panjang telah dibuka sebagai opsi penyeberangan alternatif yang selanjutnya bersandar di Pelabuhan Merak maupun Ciwandan.

Di pelabuhan itu terdapat tiga opsi penyeberangan yang dapat dimanfaatkan pemudik roda dua dan kendaraan kecil lain, dengan waktu operasional pukul 12.00 WIB, 14.00 WIB, dan 16.00 WIB.rmol news logo article
EDITOR: ACHMAD RIZAL

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA