Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menko Muhadjir: Pemudik Jangan Berlama-lama di Rest Area

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/achmad-rizal-1'>ACHMAD RIZAL</a>
LAPORAN: ACHMAD RIZAL
  • Kamis, 04 April 2024, 10:29 WIB
Menko Muhadjir: Pemudik Jangan Berlama-lama di Rest Area
Menko PMK Muhadjir Effendy didampingi Panglima TNI, Kapolri dan kementerian terkait, saat konferensi pers di Gerbang Tol Kalikangkung/Ist
rmol news logo Demi kenyamanan pemudik Lebaran 2024, pemerintah menyediakan fasilitas taman bermain bagi anak-anak, di setiap rest area jalan tol.

"Selain itu juga ada fasilitas untuk ibu menyusui, lansia dan difabel," kata Menko PMK, Muhadjir Effendy, saat meninjau kesiapan jalur mudik di wilayah Jawa Tengah, dikutip Kamis (4/4).

"Secara umum persiapan mudik di Jawa Tengah sudah sangat bagus. Saya mengapresiasi Polda Jateng yang telah melakukan langkah-langkah cermat," katanya.
 
Menko PMK meninjau langsung kesiapan petugas dan menyimak paparan dari Polda Jawa Tengah dan stakeholder, terkait strategi menghadapi arus mudik dan arus balik Lebaran 1445 H.

Pada kesempatan Muhadjir didampingi Kapolri Listyo Sigit Prabowo, Panglima TNI Agus Subiyanto, Menhub Budi Karya Sumadi, Pj Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana, Pangdam Diponegoro Deddy Suryadi, dan Kapolda Jawa Tengah Ahmad Luthfi, beserta jajaran.

Lebih lanjut dikatakan, Jawa Tengah menjadi tumpuan arus mudik, di mana para pemudik melewati Gerbang Tol Kalikangkung, kemudian terpecah menuju Jawa Timur maupun daerah selatan Pulau Jawa, seperti Yogya dan sekitarnya.

“Jika penanganan mudik di wilayah Jawa Tengah berhasil, berarti kita telah menyelesaikan 50 persen urusan mudik," katanya.

Menko juga mengatakan, di setiap rest area disediakan fasilitas taman bermain bagi anak-anak, ruang laktasi untuk ibu menyusui, termasuk fasilitas lainnya untuk lansia dan difabel.

"Ini penting karena kita harus memberikan prioritas kepada para pengendara yang rentan, termasuk ibu menyusui, anak dan lansia, serta yang difabel," ungkapnya.

Muhadjir juga berpesan kepada seluruh pemudik agar memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya saat singgah di rest area, agar penumpukan jumlah kendaraan dapat dihindari.

"Pesan saya, hendaknya pemudik betul-betul memanfaatkan rest area sekadarnya saja, jangan berlama-lama, patuhi batas waktu yang telah ditentukan," ucap Muhadjir.rmol news logo article
EDITOR: ACHMAD RIZAL

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA