Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Muhadjir Minta Pembangunan Arena PON XXI Dipercepat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/achmad-rizal-1'>ACHMAD RIZAL</a>
LAPORAN: ACHMAD RIZAL
  • Kamis, 28 Maret 2024, 09:23 WIB
Muhadjir Minta Pembangunan Arena PON XXI Dipercepat
Menko PMK Muhadjir Effendy meninjau pembangunan venue PON XXI di Kota Banda Aceh/Ist
rmol news logo Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy minta pembangunan arena Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024 dipercepat.
?
"Harus cermat sampai paling detail, kualitas besinya, kualitas lain, kalau perlu tambahan tenaga, segera diatur sedemikian rupa, sehingga percepatan bisa dilaksanakan," tegas Muhadjir, usai meninjau Kompleks Olahraga Stadion Harapan Bangsa (SHB), di Kota Banda Aceh, Provinsi Aceh.

Lewat keterangan tertulis dari Kemenko PMK, Kamis (28/3), dijelaskan, Kompleks Olahraga SHB disiapkan Pemerintah Provinsi Aceh untuk perhelatan PON XXI Aceh-Sumut 2024, yang berlangsung pada 8-20 September 2024.

Kompleks SHB akan jadi arena utama pembukaan PON XXI. Ada berbagai arena yang saat ini tengah dibangun dan dikebut pengerjaannya, yakni Stadion Harapan Bangsa; Hall Anggar; GOR Angkat Besi/Berat; GOR Bola Basket; Lapangan Tenis; dan Lapangan Panahan.

Menko PMK secara langsung mengecek arena olahraga SHB, Hall Anggar, dan GOR Angkat Besi, di mana keseluruhan arena masih dalam tahap renovasi dan rekonstruksi. Berdasar laporan Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Aceh, Pemda, dan pihak pengembang, progress pembangunan mencapai 15 persen.

Menko PMK meminta dipercepat, dan pada akhir Juli sudah bisa selesai. "Tadi saya lihat persiapan stadion sudah 15 persen. Mudah-mudahan pertengahan Juli sudah jadi. Nanti pembukaan PON di SHB, dilangsungkan secara megah dan meriah," ungkapnya.

Dia juga mengingatkan agar pembangunan tetap dilakukan dengan cermat, detail, kualitas bahan bangunan seperti besi, dan lainnya harus terbaik. Dia juga meminta Pemda mengerahkan SDM lokal Kota Banda Aceh untuk menjadi tenaga utama pembangunan.

Muhadjir mengaku senang dengan semangat Provinsi Aceh yang berupaya menyiapkan pembangunan berbagai arena secara matang, termasuk mengaitkan nilai-nilai kebudayaan khas Aceh pada pernak-pernik bangunan.

Menko juga berharap perhelatan PON XXI Aceh-Sumut, khususnya di Kota Banda Aceh, bisa lebih meriah dibanding perhelatan PON sebelumnya, karena diselenggarakan di dua kota besar, dan banyak masyarakat yang bisa dilibatkan.

"Setidaknya sama meriahnya dengan Papua, dan bisa jadi lebih meriah, karena potensi SDM dan kemungkinan mobilisasi penonton lebih banyak," ujarnya.

Menko PMK didampingi Pj Gubernur Aceh, Bustami Hamzah, Ketua Umum KONI Pusat Letjen TNI (Purn) Marciano Norman, Wakil Ketua Umum KONI Pusat Mayjen (Purn) Suwarno, Kepala BPPW Aceh, perwakilan Kementerian PUPR, Kemenpora, dan perwakilan pengembang proyek pembangunan arena PON.rmol news logo article
EDITOR: ACHMAD RIZAL

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA