Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Usai Banjir, Jalur Mudik Pantura Siap Dilalui Pemudik

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Senin, 25 Maret 2024, 11:47 WIB
Usai Banjir, Jalur Mudik Pantura Siap Dilalui Pemudik
Ilustrasi/Net
rmol news logo Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Jawa Tengah-Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Direktorat Jenderal Bina Marga akan mempersiapkan jalur mudik Pantura siap untuk dilalui dalam waktu dekat ini.

Jelang arus mudik Lebaran 2024 ini, jalur Pantura di wilayah Jawa Tengah bagian utara sempat lumpuh terendam banjir dan mengalami kerusakan parah pasca banjir surut.

Survei tentang kerusakan jalan saat ini telah dilakukan dan proses perbaikan akan dilaksanakan sesuai jadwal agar selesai tepat waktu.

Kepala BBPJN Jateng-DIY Rien Marlia mengatakan, jalur mudik Pantura akan dipersiapkan agar bisa digunakan para pemudik. Untuk kesiapan, jalan rusak bakal diperbaiki untuk dapat aman dilalui karena kerusakan begitu parah akibat banjir di beberapa wilayah kabupaten dan kota di sepanjang jalur Pantura.

"Dengan kondisi saat ini, kami BBPJN Jateng-DIY berusaha siap menyambut pemudik yang akan melintasi jalur Pantura. Survei telah dilakukan. Melibatkan OPD terkait di tingkat daerah masing-masing, dan baru bisa mulai perbaikan," kata Rien dikutip Kantor Berita RMOLJateng, Senin (25/3).

Jalur mudik dipersiapkan tak hanya Pantura, tetapi BBPJN Jateng-DIY juga akan menyiapkan jalur tengah, jalur lintas selatan, jalan non lintas, dan jalan penghubung lintas.

Jaringan jalan non tol itu akan di survei agar siap mendukung kelancaran arus mudik dan balik Lebaran 2024. Nantinya, titik-titik tertentu yang rusak bakal diperbaiki untuk menyiapkan infrastruktur aman bagi pemudik yang akan melintas pada periode Lebaran 2024 tahun ini.

Namun, kendala berat dalam mempersiapkan jalur mudik adalah untuk menyiapkan ruas Jalur Pantura pasca banjir, Rien menegaskan, karena kondisi jalur saat ini rusak parah. Tetapi, BBPJN Jateng-DIY berusaha untuk menyiapkan jalur dapat dilalui dan akan mempercepat perbaikan secepatnya.

"Kami akan tetap berusaha keras untuk menyiapkan kesiapan jalur meskipun sejauh ini tinggal hitungan minggu jelang arus mudik, kondisi jalur Pantura masih terendam banjir," tuturnya.

"Itu akan menjadi prioritas dan penanganan, tidak semuanya jadi satu. Tetapi, dibagi. Ada pemeliharaan, perbaikan lubang, dan rekonstruksi ulang jalan rusak," jelas Rien.

Saat ini, di sepanjang Jalur Pantura yang akan disiapkan untuk mudik terdapat perbaikan berjalan mulai bagian barat Brebes hingga wilayah timur sampai Rembang.

"Harapannya nanti, jalur Pantura pada saat arus mudik sudah bagus, nyaman dan aman," pungkasnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA