Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Presiden Jokowi: Berzakat Memperkuat Fondasi Keimanan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widodo-bogiarto-1'>WIDODO BOGIARTO</a>
LAPORAN: WIDODO BOGIARTO
  • Kamis, 14 Maret 2024, 09:40 WIB
Presiden Jokowi: Berzakat Memperkuat Fondasi Keimanan
Presiden Joko Widodo dan Ketua Baznas RI KH. Noor Achmad di Istana Negara/Ist
rmol news logo Presiden Joko Widodo menyerahkan zakat kepada Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) dalam acara pelaksanaan Zakat Istana bertajuk Nikmat Berzakat: Tentramnya Muzaki Bahagianya Mustahik di Istana Negara, Jakarta, Rabu (13/3).

Pelaksanaan Zakat Istana ini diikuti oleh Wakil Presiden RI, KH. Ma'ruf Amin, para menteri Kabinet Indonesia Maju, Kepala Lembaga Tinggi Negara, Direksi BUMN, Pejabat Kementerian Lembaga, serta Kepala Daerah.

Ketua Baznas RI KH. Noor Achmad juga menyerahkan Livetime Achievement Baznas Awards 2024 kepada Presiden RI Joko Widodo, dan Wakil Presiden RI KH. Ma’ruf Amin, atas dedikasinya dalam mendukung pengelolaan zakat di Tanah Air.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi mengingatkan kembali pentingnya kewajiban berzakat bagi setiap umat Islam, sebagai wujud rasa syukur atas segala nikmat yang diberikan Allah SWT.

"Kita juga bersyukur bulan Ramadan yang suci memberikan kesempatan bagi kita untuk meningkatkan ketaqwaan, meningkatkan amalan-amalan kebaikan termasuk berzakat, berinfak, dan bersedekah," kata Presiden.

Menurutnya, berzakat adalah kewajiban setiap umat Islam, wujud syukur dan terima kasih atas berkah yang tak terhingga yang senantiasa dianugerahkan oleh Allah SWT.

"Dengan berzakat kita memperkuat fondasi keimanan, menolong kaum duafa, mesucikan jiwa dari sifat kikir, meningkatkan ketenangan batin," kata Presiden.

Presiden Jokowi juga berpesan agar dana zakat yang terkumpul disalurkan tepat sasaran, disalurkan kepada masyarakat yang  benar-benar membutuhkan, memberikan kebahagiaan kepada mustahik dan ketentraman kepada muzaki.

KH. Noor Achmad menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Presiden Jokowi dan Wakil Presiden KH. Ma’ruf Amin atas dukungannya dalam mendorong gerakan cinta zakat di Indonesia sehingga pengumpulan zakat secara kuantitas dan kualitas tumbuh dengan baik.

“Pada tahun 2023, total pengumpulan ZIS DKSL Nasional tercatat mencapai  Rp.32 triliun rupiah yang artinya meningkat cukup besar dari tahun sebelumnya sebesar 43.74 persen,” jelas Kiai Noor. rmol news logo article


Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA