Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

7 TPS di Karawang Tak Terjangkau Sinyal Internet

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Rabu, 14 Februari 2024, 14:53 WIB
7 TPS di Karawang Tak Terjangkau Sinyal Internet
Didampingi sejumlah pihak, Kepala Divisi Perencanaan, Data, dan Informasi (Rendatin) KPU Kabupaten Karawang, Ahmad Subhi, meninjau salah satu lokasi TPS yang tak terjangkau sinyal internet di perbukitan Gunung Sanggabuana, Desa Mekarbuana, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Karawang/RMOLJabar
rmol news logo Penyelenggara Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di Kabupaten Karawang, Jawa Barat, boleh jadi akan bekerja lebih keras dari daerah lainnya. Terutama saat mereka melakukan proses penghitungan suara di TPS yang berada di lokasi terpencil.

Pasalnya ada 7 titik Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kabupaten Karawang yang tercatat sebagai lokasi yang sulit dijangkau oleh jaringan internet.

Hal tersebut dibenarkan oleh Kepala Divisi Perencanaan, Data, dan Informasi (Rendatin) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karawang, Ahmad Subhi, saat dihubungi Kantor Berita RMOLJabar melalui sambungan telepon selulernya.

Subhi menyebutkan bahwa dari total keseluruhan TPS yang jumlahnya mencapai 6.890 titik lokasi di Kabupaten Karawang, ternyata ada 7 titik TPS yang berada di wilayahnya yang sulit terjangkau oleh jaringan internet alias area TPS Blank Spot.

"Ya betul, dari 6.890 titik lokasi yang dijadikan sebagai tempat pemungutan suara, sedikitnya ada 7 titik lokasi TPS yang rupanya masih sulit untuk dijangkau dengan jaringan internet. TPS Blank Spot atau TPS yang sulit dijangkau oleh jaringan internet ini berada di dua desa di Kabupaten Karawang yang kecamatannya berbeda," ungkapnya, Rabu (14/2).

Hal itu ia ketahui usai memastikan informasi yang didapat oleh pihaknya tersebut dibenarkan oleh petugas PPS dan PPK setempat yang lokasinya kerap mendapat kesulitan saat mengakses aplikasi Sirekap.

"Setelah kami kroscek kebenaran informasinya, maka kami langsung bergerak cepat untuk berkoordinasi dengan pihak Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten Karawang guna berupaya melakukan langkah-langkah pasti," ujarnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, 7 titik lokasi Blank Spot tersebut berada di 2 kecamatan berbeda. Yaitu di Desa Parung Mulya, Kecamatan Ciampel, dan Desa Mekarbuana, Kecamatan Tegalwaru.

"Dari 7 lokasi TPS Blank Spot tersebut, 4 TPS Blank Spot di antaranya itu diketahui berada di Desa Mekarbuana, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Karawang. Sedangkan 3 titik TPS Blank Spot lainnya itu, berada di Desa Parung Mulya, Kecamatan Ciampel, Kabupaten Karawang," terangnya.

Untuk TPS Blank Spot yang berada di Desa Mekarbuana, berada di TPS 01, 02, 03, dan TPS 04. Seluruh titik lokasi TPS Blank Spot tersebut diketahui berada di area perbukitan Gunung Sanggabuana Karawang.

"Adapun untuk jumlah pemilih di TPS 01 ini ada 275 orang, dan ada 248 orang lainnya yang akan menggunakan hak suaranya di TPS 02. Kemudian untuk di TPS 03 itu jumlah pemilihnya ada sebanyak 242 orang, sedangkan di TPS 04 ini ada sebanyak 291 pemilih," jelas Subhi. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA