Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ratusan Sekolah di Bandung Disiapkan Jadi TPS Cadangan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Selasa, 13 Februari 2024, 15:47 WIB
Ratusan Sekolah di Bandung Disiapkan Jadi TPS Cadangan
Ilustrasi TPS/Net
rmol news logo Pemerintah Kota Bandung telah menyiapkan 736 gedung SD dan SMP sebagai tempat pemungutan suara (TPS) cadangan. Ini dilakukan sebagai upaya antisipasi musim penghujan pada hari pencoblosan Rabu besok (14/2).

Berdasarkan data yang dimiliki Pemkot Bandung, terdapat beberapa TPS yang berada di wilayah potensi titik banjir. Sehingga perlu diupayakan mencari TPS cadangan bila sewaktu-waktu terjadi banjir.

"Kita masifkan monitoring di wilayah masing-masing. Jika ada potensi bencana terutama banjir, segera lakukan langkah-langkah antisipasinya. Kami sudah menugaskan Dinas Pendidikan (Disdik) untuk menjadikan beberapa sekolah sebagai TPS cadangan," kata Pj Walikota Bandung, Bambang Tirtoyuliono, seperti dikutip Kantor Berita RMOLJabar, Selasa (13/2).

Sementara Kepala Disdik Kota Bandung, Hikmat Ginanjar mengaku, pihaknya sudah mendata sejumlah sekolah untuk dijadikan TPS ketika terjadi hal-hal di luar dugaan.

"Sampai Senin, 12 Februari 2024, Disdik mendata beberapa sekolah yang dijadikan TPS. Ada 179 SD negeri yang sarana dan prasarananya dipinjam dan 532 SD negeri yang dijadikan TPS. Lalu terdapat 34 SD swasta yang dipinjam fasilitasnya, dan 67 SD swasta dijadikan TPS," beber Hikmat.

Total, ada 213 SD yang dipinjam fasilitasnya dan 599 SD dijadikan TPS. Beberapa fasilitas yang dipinjam untuk mendukung kegiatan pemilu antara lain ruang kelas, lapangan, meja, kursi, tempat parkir, dan papan tulis.

Kemudian, lanjut Hikmat, untuk SMP negeri, terdapat 29 sekolah yang dipinjam sarana dan prasarananya dan 93 SMP negeri dijadikan TPS.

"Sedangkan SMP Swasta ada 15 sekolah yang fasilitasnya dipinjam dan 44 SMP swasta dijadikan TPS. Jadi, totalnya ada 44 SMP yang dipinjam fasilitasnya dan 137 dijadikan TPS," jelasnya.

Fasilitas SMP yang dipinjam antara lain ruang kelas, lapangan, meja, kursi, tempat parkir, dan papan tulis. Lalu ditambah ruang kantin, GOR, dan pengeras suara.

"Total seluruh sekolah SD dan SMP yang fasilitasnya digunakan ada 257 sekolah. Dan ada 736 sekolah yang dijadikan TPS," sebutnya. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA