Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

2 Hari Sortir, KPU Karanganyar Temukan Ribuan Surat Suara Rusak

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Kamis, 04 Januari 2024, 17:14 WIB
2 Hari Sortir, KPU Karanganyar Temukan Ribuan Surat Suara Rusak
Penyortiran yang dilakukan KPU Karanganyar menemukan ribuan surat suara rusak/RMOLJateng
rmol news logo Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karanganyar, Jawa Tengah menemukan ribuan lembar surat suara rusak saat melakukan sortir dan pelipatan. Proses sortir dan pelipatan ini melibatkan 450 pekerja lepas.
HUT 79 RI

Ketua KPU Karanganyar, Daryono menuturkan, selama dua hari masa sortir dan pelipatan pada Selasa-Rabu (2-3 Januari 2024), pihaknya menemukan 557 surat suara rusak pada hari pertama. Pada hari kedua bahkan surat suara yang rusak mencapai 1.609 buah.

"Ribuan surat suara ditemukan rusak, dalam sortir dan pelipatan surat suara di hari pertama dan kedua kemarin," jelasnya, dikutip Kantor Berita RMOLJateng, Kamis (4/1).

Ditambahkan Daryono, surat suara yang disortir dan dilipat pada tahap ini adalah untuk pemilu legislatif (pileg) DPR RI.

"Untuk surat suara rusak, akan kami mintakan ganti ke percetakan, melalui KPU Provinsi Jateng. Yang akan ditukar dengan yang baru oleh percetakan," imbuhnya.

Daryono menambahkan, surat suara yang cacat atau rusak tersebut di antaranya terdapat percikan noda tinta, sobek, juga noda warna di permukaan surat suara.

"Sementara ini surat suara yang rusak dipisahkan dulu. Ditotal seluruhnya berapa jumlah surat suara  yang rusak, untuk dimintakan ganti," pungkasnya. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA