Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Kukuhkan Tujuh Guru Besar

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Rabu, 29 November 2023, 12:22 WIB
rmol news logo Kontrubusi Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah dalam meningkatkan kualitas pendidikan tinggi terbukti dengan dilaksanakannya pengukuhan tujuh Guru Besar baru pada Rabu (29/11).

Bertempat di auditorium Harun Nasution, UIN Jakarta, Ciputat, acara pelantikan ini dihadiri ratusan tamu undangan yang terdiri dari pejabat pemerintah, akademisi, pimpinan organisasi, serta awak media.

Acara semakin istimewa dengan kehadiran Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan dan Wakil Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI Ahmad Basarah.

Prosesi dimulai pukul 09.00 WIB dengan masuknya jajaran civitas akademika UIN Jakarta, yang terdiri Ketua Senat, Rektor, Wakil rektor, Dekan dan seluruh Guru Besar yang akan dilantik.

Berdasarkan pantauan Kantor Berita Politik RMOL, mereka berjalan beriringan menuju panggung utama mengenakan baju toga berwarna hitam dan hijau. Beberapa di antaranya menggunakan atribut kalung medali rektor.

Sidang senat dipimpin dan dibuka langsung oleh Ketua Senat UIN Jakarta Prof. Dr. Dede Rosyada, M.A. didampingi oleh Sekretaris Senat Prof. Dr. Masri Mansoer, M.A.

Acara dilanjutkan dengan pembacaan Surat Keputusan Guru Besar dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI dan Kementerian Agama RI oleh Wakil Rektor UIN Jakarta, Prof. Dr. Ahmad Tholabi, S.Ag., S.H., M.H., M.A.

Disebutkan Ahmad, tujuh Guru Besar yang dikukuhkan tersebut ialah sebagai berikut.

1. Prof. Dr. Sudarnoto A. Hakim, M.A. sebagai Guru Besar Ilmu Sejarah Kebudayaan Islam
2. Prof.Dr.H.Nurochim, M.M. Guru Ilmu Manajemen Pendidikan
3. Prof.Dr.Imam Subchi, M.A. Guru Besar Ilmu Antropoligi Agama
4. Prof.Dr.Muhammad Farkhan M.Pd. Guru Besar Ilmu Linguistik Terapan
5. Prof. Burhanuddin Muhtadi, M.A. Ph. D. Guru Besar Ilmu Politik
6. Prof. Dr. Frans Sayogie, M.Pd. Guru Besar Ilmu Linguistik Terapan
7. Prof.Dr.Alek, M.Pd. Guru Besar Pendidikan Bahasa Inggris

Setelah SK dibacakan, acara dilanjutkan dengan penayangan video orasi ilmiah yang dipaparkan oleh masing-masing Guru Besar.

Tiba pada acara puncak yakni pengukuhan, para Guru Besar berdiri di atas panggung dan dilantik satu per satu oleh Rektor UIN Jakarta Prof. Asep Saepudin Jahar, M.A. Ph.D.

Dalam kesempatan itu, Rektor juga memakaikan kalung sleber serta menyerahkan SK Guru Besar kepada tujuh profesor yang baru dilantik.

Dalam sambutannya, rektor mengatakan bahwa tahun ini UIN Jakarta telah berhasil mengukuhkan hingga 47 Guru Besar.

Pengukuhan hari ini, disebutnya sebagai bukti bahwa UIN Jakarta terus berada di haris depan dalam pengembangan moderasi keagamaan dan Islam modern di Indonesia.   

"Pengukuhan ini merupakan sebuah kebahagiaan, sebuah bukti komitmen UIN untuk terus di garis terdepan dalam pengembangan moderasi agama dan Islam modern," ujarnya.

Rektor mengucapkan selamat dan mengajak para Guru Besar untuk terus berkomitmen pada konsep teaching and learning, riset dan pengabdian masyarakat.

Acara diakhiri dengan penutupan sidang, foto bersama dan ucapan selamat kepada seluruh Guru Besar yang dikukuhkan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA