Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Terbang dari Bandara Kertajati Lebih Mahal Ketimbang Soekarno Hatta

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widodo-bogiarto-1'>WIDODO BOGIARTO</a>
LAPORAN: WIDODO BOGIARTO
  • Selasa, 28 November 2023, 12:42 WIB
Terbang dari Bandara Kertajati Lebih Mahal Ketimbang Soekarno Hatta
Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka/Net
rmol news logo Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka rencananya yang sudah beroperasi penuh masih meninggalkan pekerjaan rumah. Salah satunya frekuensi masyarakat yang terbang dari BIJB Kertajati belum maksimal.

Berdasarkan data yang dihimpun dari aplikasi jual beli tiket pesawat, didapat harga tiket pesawat dari Bandara Soekarno Hatta dan Halim Perdanakusuma berbeda jauh dengan Bandara Kertajati. Perbedaan tiket pesawat ini terpantau dengan tujuan Medan, Makassar atau Ujung Pandang dan Surabaya.

"Itu biayanya jauh lebih mahal dari Kertajati. Artinya apa, harga tiket itu mempengaruhi orang untuk naik. Jadi kalau misalnya, kalau nggak salah, harga di Soekarno Hatta dan Kertajati bedanya sampai 1,5 kali. Itu cukup signifikan," kata pengamat transportasi dari ITB, Sony Sulaksono dikutip dari Kantor Berita RMOLJabar, Selasa (28/11).

Sony menjelaskan, pada akhirnya masyarakat akan berhitung jika terbang dari Bandara Kertajati. Walaupun akses ke Kertajati lebih murah dan dekat dari Bandung, masyarakat lebih memilih menggunakan Kereta Cepat Whoosh ke Halim maupun travel ke Bandara Soekarno Hatta.

"Di Kertajati dengan frekuensinya sedikit, ngapain saya naik di Kertajati, lebih baik saya naik di Soekarno Hatta. Hitungan pengguna seperti itu," ujar Sony.

Menurut Sony, harga tiket mahal dari Bandara Kertajati bisa dikaji. Salah satu komponen dari penentuan tiket pesawat adalah fuel sucharge, retribusi bahan bakar. Lalu ada jasa pelayanan bandara atau ground service seperti bongkar muat dan parkir pesawat.

"Itu ada tarif-tarifnya dan itu yang menetapkan Kementerian Perhubungan. Artinya kalau Kementerian Perhubungan ingin biaya penerbangan dari Kertajati itu kompetitif, biaya-biaya itu harus lebih disesuaikan," kata Sony.

Hasil penelusuran pada Selasa (28/11) sekitar pukul 09.22 WIB di salah satu aplikasi, tiket termurah dari Kertajati ke Surabaya untuk jadwal terbang pada Rabu 29 November 2023 paling murah di harga Rp 2.485.461. Sedangkan tujuan yang sama dari Bandara Soekarno Hatta Rp 890.010.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA