Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dikunjungi Orange Media, Pemimpin Redaksi RMOL Bahas Diferensiasi Media Massa

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Kamis, 16 November 2023, 16:28 WIB
Dikunjungi Orange Media, Pemimpin Redaksi RMOL Bahas Diferensiasi Media Massa
Pemimpin Redaksi Kantor Berita Politik RMOL, Widian Vebriyanto saat menerima kunjungan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Orange Media Universitas Mercu Buana/RMOL
rmol news logo Diferensiasi adalah identitas yang harus dimiliki perusahaan pers. Hal ini, sebagai satu branding media massa terhadap pembacanya.

Begitu dikatakan Pemimpin Redaksi Kantor Berita Politik RMOL, Widian Vebriyanto saat menerima kunjungan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Orange Media Universitas Mercu Buana, di Ruang Redaksi RMOL, 18 Parc Place Tower D, Kawasan SCBD, Jakarta Pusat, Kamis (16/11).

Dalam konteks persaingan media massa, dipaparkan Widian, diferensiasi diibaratkan seperti persaingan dagang pada toko. Katanya, sebagai kantor berita, RMOL ingin menyajikan informasi yang lebih unggul dari kompetitor media massa lainnya.

Dia mengibaratkan RMOL hanya sebagai toko yang menjual durian. Sekalipun ada toko lain yang menjual durian, tetapi RMOL hanya menjual jenis durian unggul.

"Dengan diferensiasi itu, ketika orang mau mencari informasi misalnya politik yang menjadi core RMOL, ya mereka tinggal datang ke website kita," katanya.

Pada kesempatan itu, Widian juga memaparkan soal teknis kerja menjadi wartawan. Termasuk juga, wartawan dalam menjalankan jobdesk atau penugasan dari kantor berita.

Dijelaskan Widian, jobdesk wartawan ada sebagai reporter sebagai pencari berita di lapangan. Lalu, ada redaktur atau editor sebagai penyunting tulisan reporter.

Masih kata Widian, komunikasi menjadi kunci yang harus dijalankan reporter dan redaktur. Tujuannya, agar berita yang disajikan ada pembaca sudah baik tanpa ada kesalahan.

"Bagaimana redaktur bisa bersinergi dengan reporternya, artinya ada komunikasi yang harus selalu terjalin," pungkasnya.

Tidak kurang 20 mahasiswa hadir pada kegiatan yang diisi pengenalan keredaksian, room tour, dan workshop penulisan berita serta produksi konten di media sosial.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA