Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Komite Etik Pastikan Isi Video Irawati Hermawan Tidak Melanggar AD/ART

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jonris-purba-1'>JONRIS PURBA</a>
LAPORAN: JONRIS PURBA
  • Rabu, 01 November 2023, 06:30 WIB
Komite Etik Pastikan Isi Video Irawati Hermawan Tidak Melanggar AD/ART
Ketua Umum IKA Unpad Irawati Hermawan (berjilbab, ketiga dari kanan) dan Sekjen MQ Iswara (berdiri di tengah) bersama Dewan Komite Etik IKA Unpad pada pertemuan 6 Oktober 2023./RMOL
rmol news logo Beberapa waktu belakangan ini terjadi polemik di antara alumni yang tergabung dalam Ikatan Alumni Universitas Padjadjaran (IKA Unpad) terkait beredarnya video Ketua Umum IKA Unpad Irawati Hermawan berisi saran bagi bacapres tertentu agar dapat memenangkan pemilihan presiden tahun 2024 yang akan datang.

Setelah mengkaji dan membahas isi dari video yang beredar itu Dewan Komite Etik Pengurus Pusat IKA Unpad memastikan bahwa Irawati Hermawan tidak melakukan pelanggaran AD/ART dan Kode Etik Pengurus Pusat IKA Unpad. Apa yang disampaikan Irawati adalah ekspresi dari sikap pribadi dan tidak mengatasnamakan organisasi.

“Telah dilakukan klarifikasi secara terbuka, sehingga dinyatakan tidak bermasalah,” tulis Dewan Komite Etik IKA Unpad dalam pernyataan yang diumumkan hari Selasa kemarin (31/10). Pernyataan itu ditandatangani Ketua Dewan Komite Etik Helmansyah Moeis dan Wakil Ketua Mohammad Aliardo.

Dewan Komite Etik mempersilakan pengurus dan anggota IKA Unpad untuk aktif dalam pesta demokrasi yang berlangsung tahun depan, namun tidak mengatasnamakan IKA Unpad secara kelembagaan.

Selain itu, Dewan Komite Etik juga merekomendasikan kepada Ketua Umum IKA Unpad untuk menyelenggarakan forum diskusi atau panggung debat yang menghadirkan seluruh kandidat calon presiden dan calon wakil presiden dalam Pilpres 2024 dengan memberikan porsi yang sama maupun dengan segmen yang berbeda yang teknisnya diatur kemudian.

Sebenarnya sikap Irawati yang tidak membawa nama IKA Unpad ke arena Pilpres 2024 telah disampaikannya pada kegiatan Halal Bihalal bulan Mei lalu di Sekretariat IKA Unpad, Jalan Sisingamangaraja, Kebayoran, Jakarta Selatan.

Dalam kesempatan itu Irawati mengatakan, sebagai warga negara Indonesia, alumni yang tergabung dalam IKA Unpad bebas menyalurkan aspirasi politiknya secara demokratis dengan tetap mempertahankan keutuhan dan kesatuan bangsa sebagai wujud tanggung jawab alumni sebagai insan intelektual.

“Untuk itu IKA Unpad akan terlibat secara aktif dalam memberikan kontribusi pemikiran terkait visi misi calon presiden dan wakil Presiden,” demikian Irawati Hermawan ketika itu. rmol news logo article
EDITOR: JONRIS PURBA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA