Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Fakultas Ilmu Keperawatan UI Sabet Peringkat Pertama Kampus Terbaik

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 22 Oktober 2023, 09:34 WIB
Fakultas Ilmu Keperawatan UI Sabet Peringkat Pertama Kampus Terbaik
Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia (FIK UI) menyabet peringkat kampus terbaik nomor satu di Indonesia/Net
rmol news logo Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia (FIK UI) kembali menorehkan prestasi. FIK UI berhasil menyabet peringkat kampus terbaik nomor satu di Indonesia.

Berdasarkan peringkat EduRank 2023 yang terbit pada Kamis (19/10), FIK UI menduduki peringkat pertama di Indonesia, peringkat 36 di Asia serta peringkat 379 di dunia.

Sementara peringkat kedua di Indonesia diduduki oleh UGM, disusul oleh Unair di posisi ketiga, Unpad keempat, dan Undip kelima.

Pemeringkatan EduRank.org didasarkan pada reputasi, kinerja penelitian, serta dampak oleh alumni. Data penelitian di bidang Keperawatan sebanyak 1,3 juta kutipan yang diterima oleh 805 ribu makalah akademis yang dibuat oleh 60 universitas di Indonesia digunakan untuk menghitung rating publikasi, yang kemudian disesuaikan dengan tanggal rilis dan ditambahkan ke skor akhir.

"Ini adalah wujud kerja keras, semangat inovasi, dan dedikasi staf pengajar, mahasiswa, dan seluruh civitas akademika FIK UI. Kami bersyukur dan tentu ini menjadi motivasi bagi kami untuk terus memajukan pendidikan keperawatan di tanah air," ujar Dekan FIK UI Agus Setiawan.

FIK UI sendiri merupakan perguruan tinggi yang menghasilkan lulusan tenaga perawat yang merupakan garda terdepan bagi pelayanan kesehatan masyarakat. Sementara EduRank adalah lembaga peringkat pendidikan terkemuka.

“Ini adalah  kebanggaan besar bagi kami atas pengakuan internasional ini dan akan menjadi inspirasi bagi kemajuan dan inovasi berkelanjutan di bidang keperawatan,” lanjut Agus.

Pengakuan ini adalah hasil dari dedikasi FIK UI dalam meningkatkan kualitas pendidikan keperawatan dan pengembangan ilmu pengetahuan dalam disiplin ini. Fakultas ini telah mengukir prestasi dengan program pendidikan berkualitas, kurikulum inovatif, dan penelitian berdampak tinggi yang terus memajukan praktik keperawatan di Indonesia.

Selain menjadi Fakultas Ilmu Keperawatan terbaik di Indonesia veris EduRank, saat ini seluruh program studi di FIK UI meraih akreditasi unggul dari Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan Indonesia (LAPM-PTKes) serta untuk Program Studi Sarjana Ilmu Keperawatan dan Profesi Ners juga telah terakreditasi internasional dari Accreditation Agency in Health and Social Sciences (AHPGS) dan Asean University Network (AUN QA). rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA