Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Susuri Desa di Tasikmalaya, Relawan Anies Sosialisasikan Gerakan Kentongan Bambu

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widian-vebriyanto-1'>WIDIAN VEBRIYANTO</a>
LAPORAN: WIDIAN VEBRIYANTO
  • Jumat, 13 Oktober 2023, 16:20 WIB
Susuri Desa di Tasikmalaya, Relawan Anies Sosialisasikan Gerakan Kentongan Bambu
Relawan SKI bersama warga membunyikan kentongan bersama/Net
rmol news logo Relawan pendukung Anies Baswedan mulai bergerilya di Jawa Barat. Tepatnya, setelah mantan Gubernur DKI Jakarta itu berkunjung ke Stadion Si Jalak Harupat beberapa waktu lalu.

Pada siang ini, Jumat (13/10), relawan Sekretariat Kolaborasi Indonesia (SKI) mengunjungi Kampung Sindangsono, Desa Sukamanah, Cigalontang, Kabupaten Tasikmalaya. Di sana mereka menyosialisasikan gerakan kentongan bambu yang merupakan simbol pada calon pengusung gerakan perubahan tersebut.

Wasekjen SKI Solihin Nurodin mengatakan, warga setempat menyambut baik kehadiran rombongannya. Dia turut mengingatkan kembali kepada warga bahwa kentongan merupakan alat untuk menjaga keamanan lingkungan dan kekompakan.

“Kentongan di pos ronda fungsinya untuk menjaga kampung sambil keliling. Kentongan dibunyikan jika terjadi peristiwa kehilangan, kebakaran atau lainnya. Setiap peristiwa memiliki ketukan khusus yang dikenali oleh warga,” katanya.

Nantinya, setiap Rabu malam kentongan akan dipukul dengan nada khusus untuk memberi kabar pelaksanaan musyawarah reboan.

Dalam forum musyawarah reboan, warga kembali ke tradisi lama, yakni duduk bersama membahas persoalan kampung dan berbagi cerita sesama.

“Proses ini sebenarnya memaknai kembali demokrasi sebagai proses substansial, alih-alih sebagai proses elektoral apalagi transaksional. Tetapi di saat bersamaan metode ini bisa direplikasi dan dikerjakan oleh siapapun,” tutupnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA