Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pemilu 2024 Makin Dekat, Ribuan Pemilih Pemula di OKI Belum Punya KTP-el

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Selasa, 10 Oktober 2023, 14:46 WIB
Pemilu 2024 Makin Dekat, Ribuan Pemilih Pemula di OKI Belum Punya KTP-el
Ilustrasi/Net
rmol news logo Kontestasi Pemilu 2024 sudah semakin dekat, tapi 2.076 pemilih pemula di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan, masih belum memiliki KTP-elektronik. Padahal, kepemilikan KTP-el menjadi salah satu syarat untuk dapat menyalurkan suara pada Pemilu 2024.

Mayoritas dari mereka yang belum memiliki KTP-el adalah generasi Z, atau yang lebih dikenal sebagai Gen Z, dengan usia 17-24 tahun. Kecamatan Kayuagung menjadi daerah dengan angka tertinggi pemilih pemula yang belum memiliki KTP-el.

Menanggapi hal ini, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) OKI, Hendri menjelaskan, hingga akhir September persentase perekaman KTP-el mencapai 99 persen. Namun, terdapat 2.076 pemilih pemula yang belum melakukan perekaman.

Angka tersebut merata di berbagai kecamatan, dan Kecamatan Kayuagung menjadi wilayah dengan angka tertinggi pemilih pemula yang belum memiliki KTP-el.

"Angka ini tertinggi ada di Kecamatan Kayuagung dan rata-rata adalah usia pemilih pemula," kata Hendri, diwartakan Kantor Berita RMOLSumsel, Selasa (10/10).

Hendri menambahkan, masalah ini terjadi karena sebagian besar pemilih pemula yang berusia 17 tahun adalah pelajar yang sulit untuk datang ke pusat pelayanan. Oleh karena itu, pihaknya akan melaksanakan metode jemput bola dengan melibatkan petugas dan menggunakan mobil operasional pelayanan perekaman KTP-el keliling.

"Dengan adanya mobil operasional tersebut, kami dapat menjangkau beberapa kecamatan bahkan mengunjungi sekolah-sekolah di OKI," kata Hendri.

Hendri juga mengamati perbedaan antara Kecamatan Kayuagung dan beberapa kecamatan di daerah perairan OKI. Di daerah perairan, animo masyarakat untuk melakukan perekaman KTP-el sangat tinggi menjelang Pemilu 2024.

"Hal ini sebagian besar disebabkan oleh program pelayanan KTP-el keliling yang mempermudah akses bagi warga di 18 kecamatan," tegasnya.

Sementara itu, Ketua KPU OKI, Deri Siswandi mengatakan, jumlah pemilih pemula atau Gen Z di wilayah itu mencapai 106.096 jiwa. Angka ini mencakup hampir 18,9 persen dari total pemilih di OKI.

"Dengan wilayah geografis yang luas, KPU OKI berharap bahwa semua layanan yang disediakan oleh Disdukcapil OKI dapat diakses dengan mudah oleh masyarakat untuk mendukung kesuksesan Pemilu 2024 mendatang," katanya. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA