Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Investasi Rp41 Miliar, PAM Jaya Perbaiki Pelayanan 7.741 Pelanggan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widodo-bogiarto-1'>WIDODO BOGIARTO</a>
LAPORAN: WIDODO BOGIARTO
  • Kamis, 05 Oktober 2023, 05:59 WIB
Investasi Rp41 Miliar, PAM Jaya Perbaiki Pelayanan 7.741 Pelanggan
Reservoir Komunal Waduk Pluit di Rusun Waduk Pluit Muara, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara/Ist
rmol news logo Direktur Utama Perumda PAM Jaya Arief Nasruddin mengatakan, secara total pihaknya membangun empat tambahan reservoir komunal dan satu Instalasi Pengolahan Air (IPA) portable dengan total biaya investasi kurang lebih Rp 41 miliar untuk perbaikan pelayanan kepada 7.741 pelanggan. Langkah ini diharapkan memberikan dampak positif bagi pelayanan air perpipaan warga Jakarta.

"Reservoir Komunal adalah penampungan air di dekat permukiman yang jauh dari sumber utama instalasi pengolahan air PAM Jaya. Air tampungan di reservoir akan dipompakan ke rumah-rumah warga. Sehingga pelanggan yang merupakan titik terjauh dari lokasi IPA PAM Jaya dapat menerima debit air yang cukup," kata Arief di Reservoir Komunal Waduk Pluit di Rusun Waduk Pluit Muara, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara pada Rabu (4/10).

Pembangunan Reservoir Komunal Waduk Pluit, lanjut Arief, bertujuan untuk mengatasi kekurangan air bersih di wilayah Rusun Waduk Pluit, Elektro, Pergudangan Kecamatan Penjaringan Jakarta Utara dan sekitarnya.

"Pembangunan Reservoir Komunal Waduk Pluit berlangsung selama tiga bulan dengan debit air 5 liter per detik, kapasitas reservoir 50 meter kubik, dan cakupan perbaikan 282 pelanggan. Sumber air berasal dari IPA Pejompongan 2," ujar Arief.

Selain Reservoir Komunal Waduk Pluit, kata Arief, hari ini Perumda PAM Jaya juga melakukan operasionalisasi tiga reservoir komunal lainnya di berbagai wilayah Jakarta Utara dan Jakarta Barat, yaitu Reservoir Komunal Cilincing, Jakarta Utara; Reservoir Komunal Marunda, Jakarta Utara; dan Reservoir Komunal Tamansari, Jakarta Barat.

"Sehingga total reservoir yang dibangun oleh PAM Jaya saat ini adalah enam reservoir komunal. Sebelumnya sudah terbangun reservoir komunal di Marunda Kepu," demikian Arief.rmol news logo article



Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA