Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

KPU Renovasi Lobi Kantor Jadi Bergaya Jawa Kuno, Ada Ukiran Macan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Selasa, 03 Oktober 2023, 12:42 WIB
KPU Renovasi Lobi Kantor Jadi Bergaya Jawa Kuno, Ada Ukiran Macan
Ukiran wayang kayon yang di dalamnya terdapat ornamen macan dua ekor, rumah joglo dengan pintu tertutup, dan kepala raksasa bergigi tajam dengan lidah menjulur keluar, di lobi Kantor KPU RI, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat/RMOL
rmol news logo Jelang pendaftaran calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres), Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI merenovasi kantor mereka yang berada di Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat.

Berdasarkan pantauan Kantor Berita Politik RMOL di lokasi, renovasi dilakukan KPU RI di area lobi kantor hingga ruang pertemuan di lantai 2.

Menariknya, gaya arsitektur yang digunakan KPU RI dalam renovasi kali ini bergaya Jawa kuno. Pasalnya, tembok beserta 3 sisi pintu masuk di bagian lobi dipasang ukiran-ukiran kayu khas Jawa.

Di sisi sebelah kanan pintu masuk utama lobi, terdapat ukiran wayang kayon yang menarik perhatian, karena di dalamnya terdapat ornamen berbentuk macan sebanyak dua ekor.

Macan tersebut tampak saling berhadapan dengan mulut menganga, dan berada di atas sebuah rumah joglo khas Jawa dengan pintu dalam kondisi tertutup.

Di atas macan dan rumah joglo, juga terdapat ukiran kepala raksasa yang menunjukkan gigi-gigi tajamnya serta lidah yang menjulur keluar.

Selebihnya, di bagian sisi sebelah kanan terdapat lemari kaca yang di dalamnya ada banyak tongkat panjang untuk memasang bendera-bendera.

Di dinding lain dan bagian atas atau plafon lobi kantor, KPU RI juga menutupnya dengan ukiran bunga-bunga khas Jawa.

Sementara, di lantai 2 kantor KPU RI, ukiran-ukiran semen warna putih mendominasi bagian tembok.

Hingga saat ini, pengerjaan renovasi dan dekorasi kantor KPU RI masih dikerjakan, dan sudah dilakukan sejak sekitar 1,5 bulan yang lalu.

KPU RI menjadwalkan pendaftaran Capres-Cawapres dimulai pada 19 Oktober 2023, atau kurang lebih sekitar dua pekan lagi. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA