Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Andalan Atasi Macet dan Polusi, LRT Jakarta Targetkan 2.700 Penumpang per Hari

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widodo-bogiarto-1'>WIDODO BOGIARTO</a>
LAPORAN: WIDODO BOGIARTO
  • Sabtu, 30 September 2023, 01:51 WIB
Andalan Atasi Macet dan Polusi, LRT Jakarta Targetkan 2.700 Penumpang per Hari
LRT Jakarta/Ist
rmol news logo PT LRT Jakarta berupaya mengoptimalisasi layanan agar dapat mendorong masyarakat beralih menggunakan transportasi umum. Hal ini dilakukan guna mengatasi masalah polusi udara dari sisi transportasi.

Provinsi DKI Jakarta sudah mengoperasikan LRT Jakarta pada 1 Desember 2019 yang melintasi enam stasiun, yaitu Pegangsaan Dua, Boulevard Utara, Boulevard Selatan, Pulomas, Equestrian, dan Velodrome.  LRT Jakarta telah dilengkapi dengan sistem transit yang mudah dan fasilitas lengkap.

Corporate Secretary PT LRT Jakarta Sheila Indira Maharshi mengaku optimistis bahwa LRT Jakarta dapat mengangkut sekitar 2.600-2.700 penumpang setiap hari.

Hal ini berdasarkan perhitungan pada Agustus 2023. Jika perkiraan itu terealisasikan, teori push and pull dalam mengurangi polusi udara dari transportasi dapat berjalan dengan baik.

Oleh karena itu, Sheila yakin, jika LRT dapat menjadi transportasi yang digunakan semua lapisan masyarakat.

"LRT Jakarta sebagai operator moda transportasi terus hadir dengan teknologi terbaru dan terus melakukan peningkatan layanan bagi pelanggan," kata Sheila dalam keterangannya, dikutip Sabtu (30/9).

Menurut Sheila, LRT Jakarta juga terus mendorong alur integrasi antarmoda LRT  berjalan baik maka stasiun-stasiun tersebut jarus terintegrasi dengan moda transportasi lain, sehingga memudahkan masyarakat bermobilisasi.
Selain itu, stasiun LRT Jakarta juga berada di lokasi yang strategis mulai dari kawasan perumahan, perbelanjaan, hingga kawasan bisnis.

"Sehingga memudahkan masyarakat dalam menggunakan LRT sebagai pilihan transportasi yang nyaman dan cepat," kata Sheila.

Di sisi lain, lanjut Sheila, LRT Jakarta juga menyiapkan komitmen berkelanjutan sebagai moda transportasi publik yang ramah perempuan, anak, disabilitas dan lanjut usia.

LRT Jakarta turut memberikan kemudahan bagi pesepeda. Di samping itu dalam meningkatkan layanannya LRT Jakarta menyiapkan layanan POS SAPA (Pos Sahabat Perempuan dan Anak) sebagai bentuk layanan prioritasnya.

"Juga program Edu Tour sebagai sarana edukasi pengenalan transportasi  LRT sejak dini  kepada anak-anak dan penyediaan pos kesehatan di setiap stasiun untuk mengoptimalkan pelayanan pada pelanggan di semua stasiun LRT ," kata Sheila. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA