Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Edukasi Masyarakat Ketapang, SIL UI Bangun Kesadaran Wisata Alam Berbasis Jasa Ekosistem

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Kamis, 28 September 2023, 20:31 WIB
Edukasi Masyarakat Ketapang, SIL UI Bangun Kesadaran Wisata Alam Berbasis Jasa Ekosistem
Sekolah Ilmu Lingkungan Universitas Indonesia (SIL UI) melaksanakan kegiatan edukasi di Kawasan Ketapang Urban Aquaculture (KUA), Desa Ketapang, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang, Banten/Ist
rmol news logo Kesadaran masyarakat terhadap wisata alam berbasis jasa ekosistem, masih perlu ditingkatkan. Salah satunya, bagi masyarakat di Kawasan Ketapang Urban Aquaculture (KUA) sebagai kawasan wisata berbasis jasa ekosistem yang baru diresmikan pada tahun 2022.

Untuk meningkatkan kesadaran itu, Sekolah Ilmu Lingkungan Universitas Indonesia (SIL UI) melaksanakan kegiatan edukasi di Kawasan Ketapang Urban Aquaculture (KUA), Desa Ketapang, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang, Banten, Kamis (28/9).

Kegiatan edukasi itu dipimpin langsung Profesor Kosuke Mizuno, Ketua Klaster Riset Ekonomi Lingkungan SIL UI.

"Tujuan utama kami, ingin meningkatkan kesadaran mereka tentang keberlanjutan Kawasan Ketapang Urban Aquaculture guna menghasilkan pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitar dan terjaganya jasa ekosistem setempat," ujar Kosuke Mizuno.

Meskipun memiliki potensi yang besar, KUA berada di wilayah dengan banyak penduduk yang hidup di bawah garis kemiskinan. Kawasan ini, juga menghadapi masalah sampah padat, abrasi pantai, dan banjir rob.

Dalam upaya meningkatkan kesadaran masyarakat setempat terhadap pentingnya menjaga lingkungan dan mengelola wisata dengan baik, UI melakukan berbagai kegiatan edukasi.

Utamanya, diskusi dengan pengelola wisata dan pedagang setempat, serta pengenalan jasa ekosistem kepada pelajar SMP dan SMA di wilayah tersebut.

Kegiatan edukasi melibatkan pendampingan langsung kepada masyarakat setempat dalam bentuk FGD (Focus Group Discussion) yang membahas permasalahan yang mereka hadapi.

Selain itu, dilibatkan juga para pelajar tingkat SMP dan SMA untuk terlibat dalam wisata edukasi yang melibatkan pembekalan pemahaman tentang jasa ekosistem, diskusi, dan bahkan permainan petualangan yang mendidik.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA