Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Lewat Program PKW, LKP Bina Dharma Siap Cetak 40 Wirausahawan Muda di Pringsewu

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widian-vebriyanto-1'>WIDIAN VEBRIYANTO</a>
LAPORAN: WIDIAN VEBRIYANTO
  • Selasa, 26 September 2023, 20:30 WIB
Lewat Program PKW, LKP Bina Dharma Siap Cetak 40 Wirausahawan Muda di Pringsewu
Staf Ahli Bupati Pringsewu Bidang Pemerintahan, Politik dan Hukum Hipni, bersama dengan Direktur LKPK Bina Dharma Pringsewu, Junaidi dan para pengajar dan peserta Program PKW/RMOL Lampung
rmol news logo Pengembangan keterampilan dalam rangka menciptakan wirausaha muda dilakukan Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Bina Dharma di Pringsewu Lampung. Caranya, dengan menggelar Program Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW) Level Platinum Tahun 2023.

Direktur LKP Bina Dharma Pringsewu, Junaidi mengurai bahwa Program PKW diperuntukkan bagi pemuda putus sekolah atau menganggur, dengan rentang usia 17 sampai 25 tahun.

“Terpenting mereka siap mengembangkan keterampilannya di bidang desain grafis cetak dan jasa desain digital," ujarnya seperti diberitakan Kantor Berita RMOL Lampung, Selasa (26/9).

Program PKW Platinum 2023 ini diikuti 40 orang peserta dan berlangsung pada bulan September hingga November 2023. Peserta akan mendapat pelatihan selama 46 kali pertemuan dengan total 270 jam pelajaran.

Selama pelatihan, mereka akan dibekali dengan berbagai keterampilan. Mulai dari pendidikan karakter wirausaha, praktik keterampilan vokasi, pemasaran (digital marketing), hingga pemberian akses permodalan usaha.

“Kemudian pembelajaran tentang manajemen usaha, keselamatan, dan kesehatan kerja," urainya.

Program PKW ini, sambung Djunaidi, merupakan program dari Direktorat Kursus dan Pelatihan, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi. Akses permodalan dari Bank Negara Indonesia (BNI) dan Bank Syariah Indonesia (BSI) turut membantu program ini.

“Diharapkan mereka bisa langsung membuka usaha sendiri dengan ilmu yang telah mereka peroleh di sini dengan bimbingan tenaga pelatih profesional, berkompetisi tinggi dan bersertifikat nasional," urainya.

Diapresiasi Pj Bupati Pringsewu

Penjabat (Pj) Bupati Pringsewu Adi Erlansyah mengapresiasi upaya yang dilakukan LKP Bina Dharma ini.

Melalui Staf Ahli Bupati Pringsewu bidang Pemerintahan, Politik dan Hukum Hipni, Adi berterima kasih lantaran LKP Bina Dharma ikut andil dalam mengembangkan bakat sumber daya manusia, khususnya anak muda upaya mengurangi angka pengangguran dan menanggulangi kemiskinan di Pringsewu.

Dia menjelaskan bahwa lapangan kerja di Pringsewu tidak sebanding dengan jumlah pekerja yang ada, sehingga kegiatan seperti PKW diharapkan bisa mengembangkan bakat anak muda, khususnya untuk berwirausaha.

“Dengan adanya PKW yang diadakan LKP ini, bisa membuka peluang anak muda terjun ke dunia usaha, khususnya untuk bisa membuka usaha sendiri," ujarnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA