Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Terdampak El Nino, Ribuan Hektare Sawah di Batang Potensi Kekeringan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Jumat, 08 September 2023, 04:57 WIB
Terdampak El Nino, Ribuan Hektare Sawah di Batang Potensi Kekeringan
Ilustrasi/Net
rmol news logo Ribuan hektare sawah di Kabupaten Batang, Jawa Tengah berpotensi mengalami kekeringan akibat terdampak El Nino. Total luasan lahan terdata berpotensi mencapai 4.433 hektare.

"Hingga saat ini, dampak kekeringan belum secara nyata dirasakan. Beberapa daerah justru panen pada Agustus 2023, dan ada yang akan panen raya," kata Plt Kepala Dinas Pangan dan Pertanian, Wahyu Budi Santoso, dikutip Kantor Berita RMOLJateng, Kamis (7/9).

Ia menyebut, kemungkinan dampak El Nino baru dirasakan petani pada musim tanam berikutnya.

Wahyu menjelaskan, lahan pertanian di Kecamatan Kandeman, khususnya Desa Depok dan Tegalsan, sudah panen sejak Agustus. Namun pada bulan berikutnya, tidak ada penanaman padi yang dilakukan. Sebab ada  pengalihan sumber air dari Kedung Kramat ke desa lain.

"Pemantauan kami menunjukkan bahwa ketersediaan air untuk irigasi pertanian masih relatif stabil di wilayah ini," jelasnya.

Kondisi berbeda dialami hampir seluruh Desa di Kecamatan Gringsing. Sekitar 1.000 hektare berpotensi mengalami kekeringan.

Untuk itu, pihaknya menyiapkan bantuan program Optimalisasi Penambahan Indeks Pertanaman (OPIP) di beberapa desa, seperti Lebo, Kutosari, Yosorejo, Sidorejo, Gringsing, Kutosani, dan Mentosar.

Program itu berisi pemberian varietas bibit padi tahan kering (Inpari 32), pupuk NPK nonsubsidi, pupuk remah, pupuk mikro, dan pupuk hayati untuk menjaga ketersediaan unsur hara agar desa-desa tersebut tetap dapat menanam 3,5 kali dalam setahun.

Juga ada program Dampak Perubahan Iklim untuk Desa Krengseng dan Kebondalem. Bantuan berupa varietas padi tahan kekeringan (Inpari 32) serta program perpompaan besar untuk meningkatkan debit air.

"Pemerintah Kabupaten Batang juga mengusulkan kepada Kementerian Pertanian melalui Direktorat Prasarana Sarana Pertanian untuk mendapatkan pompa air tambahan," harapnya.

Sementara Kecamatan Tersono yang memiliki potensi kekeringan serupa dengan Gringsing juga mendapatkan bantuan program OPIP. Program itu untuk beberapa desa, mulai dari Kranggan, Rejosari Timur, Kebumen, Harjo Timur, Tersono, Boja, Sendang, hingga Tanjungsari.

Selain itu, mereka juga mengajukan beberapa proyek sarana prasarana untuk meningkatkan ketersediaan air.

Di Kecamatan Tulis, terutama di Desa Kedungsegong, Jolosekti, Simbangdesa, Kenconorejo, dan Ponowareng, pemerintah juga memberikan bantuan melalui program OPIP untuk melindungi tanaman dari potensi kekeringan.

Lalu di kecamatan lain seperti Pecalungan (Desa Bandung dan Gombong), Limpung (Desa Amongrogo dan Ngaliyan), Bandar (Desa Binangun), Wonotunggal (Desa Kedungmalang, Wonotunggal, Brayo Brokoh, Sendang, dan Siwatu), serta Banyuputih (Desa Bulu dan Kedawung) juga menerima bantuan melalui program OPIP.

"Bantuan ini bertujuan untuk mencegah penurunan produksi dan produktivitas saat terjadi El Nino," bebernya.

Wahyu menyebut, total bantuan mencapai 3.443 Ha. Program itu sebagai langkah konkret untuk mengatasi dampak El Nino di sektor pertanian. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA