Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sebelum Berlaku Sanksi Tilang, Pemprov DKI Gelar Pekan Uji Emisi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Selasa, 29 Agustus 2023, 13:42 WIB
Sebelum Berlaku Sanksi Tilang, Pemprov DKI Gelar Pekan Uji Emisi
Ilustrasi uji emisi kendaraan/Net
rmol news logo Berbagai upaya terus dilakukan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam mendorong perbaikan kualitas udara. Salah satunya adalah dengan melakukan pekan uji emisi.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Asep Kuswanto, mengajak seluruh masyarakat melakukan uji emisi kendaraan pribadinya. Baik itu mobil atau motor yang berusia di atas 3 tahun.

“Masyarakat dapat menemukan lokasi bengkel penyedia uji emisi yang tersebar di lima wilayah Kota Administrasi. Lokasi-lokasi uji emisi dapat dicari melalui aplikasi e-Uji Emisi atau aplikasi JAKI dengan mengetik “emisi” pada kolom pencarian. Bisa juga dengan membuka website https://ujiemisi.jakarta.go.id,” kata Asep, Selasa (29/8).

Setidaknya ada 335 bengkel mobil dan 106 bengkel motor di Jakarta yang siap melaksanakan uji emisi ini. Setiap bengkel yang berpartisipasi mengikuti pekan uji emisi ini menyediakan kuota gratis sebanyak 30 kendaraan per hari dengan memasang tanda khusus berupa spanduk.

Di luar kuota tersebut masyarakat dibebani tarif layanan uji emisi normal.

Untuk itu, Asep mengimbau agar pemilik kendaraan bermotor segera melakukan uji emisi. Karena pada 1 September 2023, Polda Metro Jaya akan melakukan penindakan bagi yang tidak ikut ataupun tidak lulus uji emisi.

Pengenaan sanksi sesuai ketentuan Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan berupa tilang, yakni untuk motor sebesar Rp 250.000, sementara untuk mobil denda Rp 500.000.

“Sosialisasi uji emisi ini kami lakukan bersama jajaran Polda Metro Jaya hingga 31 Agustus 2023. Mari saling mengingatkan kepada saudara, kerabat, dan teman-teman lainnya untuk segera uji emisi kendaraan pribadinya. Ayo, kita uji emisi sebagai salah satu upaya bersama membirukan langit Jakarta,” tandas Asep. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA