Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Mahasiswa Diminta Tak Gadaikan Nasib Bangsa kepada Pemimpin Hasil Suap

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Jumat, 11 Agustus 2023, 09:25 WIB
Mahasiswa Diminta Tak Gadaikan Nasib Bangsa kepada Pemimpin Hasil Suap
Anggota DPRD Jatim, Mathur Husyairi, dan mahasiswa baru UTM/RMOLJatim
rmol news logo Kepemimpinan bukan sebuah bakat atau faktor keturunan semata. Melainkan muncul dari usaha yang diasah secara konsisten.

Menurut Anggota Komisi E DPRD Provinsi Jawa Timur, Mathur Husyairi, setiap orang memiliki potensi sebagai pemimpin. Tak sedikit, tokoh nasional di negeri ini yang berasal dari masyarakat biasa.

Hal itu disampaikan Mathur saat mengisi acara Pekan Orientasi Studi Terbaru (Poster) yang digelar Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Trunojoyo Madura (UTM), Kamis (10/8).

Acara bertema "Revitalisasi Generasi Pendidik yang Kritis, Kreatif, dan Inovatif dalam Mewujudkan FIP yang Berkemajuan dan Bermartabat Menuju Era 5.0" itu diikuti seluruh mahasiswa baru FIP UTM angkatan 2023.

Mathur menjelaskan, ada beberapa hal yang mesti dilatih oleh setiap pribadi yang ingin mengembangkan jiwa kepemimpinan. Di antaranya komunikatif, solutif, dan adaptif.

"Sifat yang harus dimiliki oleh pemimpin agar efektif dalam menjalankan organisasi, harus mempunyai kemampuan berbicara di muka umum atau istilah sekarang public speaking. Kemampuan lainnya, memecahkan suatu masalah atau problem solving, dan mudah beradaptasi," paparnya.

Hal yang penting, tambah Mathur, nilai seorang pemimpin ditentukan juga oleh moralnya.

Karena itu, ia berpesan kepada para mahasiswa baru untuk tidak menggadaikan nasib masa depan bangsa kepada para pemimpin yang mendapatkannya dengan cara menyuap masyarakat, melakukan politik uang. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA