Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Komitmen Pisahkan BUMD dari Kepentingan Politik, Gubernur Jateng Dapat Penghargaan dari Infobank

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Jumat, 12 Mei 2023, 13:46 WIB
Komitmen Pisahkan BUMD dari Kepentingan Politik, Gubernur Jateng Dapat Penghargaan dari Infobank
Penyerahan penghargaan The Best Governor 2023 in Supporting GCG & Professionalism for BPD dari Majalah Infobank dan The Asian Post (Asian Post.ID)/Ist
rmol news logo Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menjadi satu di antara enam gubernur yang dinobatkan sebagai The Best Governor 2023 in Supporting GCG & Professionalism for BPD dari Majalah Infobank dan The Asian Post (Asian Post.ID)

Nama-nama gubernur lainnya adalah Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Gubernur Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X, Gubernur Bali I Wayan Koster, Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji, serta Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru.

Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Chairman Infobank Media Group Eko B. Supriyanto di Hotel Ambarrukmo, Yogyakarta, pada Kamis (11/5), dalam perhelatan Infobank Top BUMD 2023 "Visi Kepala Daerah terhadap BUMD sebagai Agen Pembangunan Daerah yang Profesional".

Usai menerima penghargaan, Ganjar mengatakan, capaian itu merupakan hasil dari komitmen Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dalam menjauhkan BUMD dari intervensi politik dan kepentingan birokrasi.

Sejak 2013, Ganjar menyampaikan, juga telah mengimplementasikan Good Coorporate Governance (GCG) dengan menerapkan sejumlah peraturan.

"BPD tidak akan bisa lincah kalau kemudian talinya diikat. Siapa yang ikat, pemegang saham. Kalau pemegang saham mengikat harus begini harus begitu diintervensi terlalu banyak secara teknis, maka dia tidak akan maju," kata Ganjar.

Kepada jajarannya, Ganjar juga telah menerapkan GCG dengan prinsip keadilan, kemandirian, akuntabilitas, pertanggungjawaban dan transparansi.

"Pengalaman sepuluh tahun saya mendampingi kawan-kawan yang mengelola itu, yang di luar kebijakan tidak boleh. Maka hal-hal yang sifatnya mengganggu, kami turun tangan sendiri. Sehingga dengan cara itu GCG bisa berjalan," demikian Ganjar. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA