Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ajak Masyarakat Kawal Pesta Demokrasi 2024, Komunitas Pemilu Bersih: Supaya Pengorbanan Ini Tidak Sia-sia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Sabtu, 11 Maret 2023, 04:23 WIB
Ajak Masyarakat Kawal Pesta Demokrasi 2024, Komunitas Pemilu Bersih: Supaya Pengorbanan Ini Tidak Sia-sia
Koordinator Pemilu Bersih Jabar, Mahi M Hikmat (peci hitam)/RMOLJabar
rmol news logo Pelaksanaan Pemilu 2019 dinilai masih menyisakan sejumlah persoalan, mulai dari kecurangan hingga politik uang. Praktik curang bahkan tidak hanya dilakukan penyelenggara maupun peserta pemilu, tapi juga oknum masyarakat.

Berkaca dari berbagai persoalan tersebut, sekelompok masyarakat di Kota Bandung yang tergabung dalam Komunitas Pemilu Bersih Jabar mendeklarasikan "Maklumat Pemilu Bersih 2024".

"Ini gerakan kami sebagai komunitas masyarakat yang prihatin dengan kondisi-kondisi pemilu sebelumnya, termasuk Pemilu 2019," ujar Koordinator Pemilu Bersih Jabar, Mahi M Hikmat usai diskusi bertajuk "Pemilu Bersih untuk 33 Juta Pemilih Jabar", Jumat (10/3).

Melalui deklarasi tersebut, pihaknya mengajak seluruh masyarakat mulai dari penyelenggara, peserta, hingga pemilih di Jawa Barat untuk sama-sama berkomitmen mewujudkan Pemilu 2024 bersih.

Terlebih, imbuh Mahi, Pemilu 2024 memakan anggaran yang tidak sedikit, lebih dari Rp76 triliun. Serta melibatkan banyak sumber daya manusia (SDM) dalam pelaksanaannya.

"Kita sebagai pengawas partisipatif yang memberikan kontribusi jika ada kecurangan atau tindakan yang tidak sesuai peraturan. Mudah-mudahan masyarakat bisa berpartisipasi untuk mengawalnya," harap Mahi, dikutip Kantor Berita RMOLJabar.

Dalam pelaksanaannya, beber Mahi, Komunitas Pemilu Bersih Jabar telah menyiapkan langkah-langkah yang akan dijalankan. Sehingga, Pemilu 2024 diharapkan mampu menghasilkan pemimpin berintegritas.

"Kita berkomitmen ke depan pemilu lebih bersih. Kita berharap bersihnya 100 persen, supaya tidak sia-sia semua pengorbanan ini, karena itu akan berdampak pada terpilihnya pemimpin yang bersih," tandasnya.

Selain di Bandung, deklarasi Maklumat Pemilu Bersih 2024 juga telah dilakukan di Jakarta, Lombok,  Palu, dan Jogjakarta. Ke depan, deklarasi tersebut akan terus dilakukan ke daerah-daerah lain di Indonesia.  rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA