Idul Adha
Dimensy.id Mobile
Selamat Idul Adha Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Semeru Kembali Erupsi Pagi Ini, Warga Diminta Tak Beraktivitas di Dekat Sungai

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Kamis, 08 Desember 2022, 09:29 WIB
Semeru Kembali Erupsi Pagi Ini, Warga Diminta Tak Beraktivitas di Dekat Sungai
Erupsi Gunung Semeru/Net
rmol news logo Gunung Semeru kembali mengalami erupsi pada Kamis pagi (8/12) ini. Tinggi kolom letusan 300 meter di atas puncak.

Hal itu disampaikan Petugas Pos Pengamatan Gunung Semeru, Mukdas Sofian, seperti dikutip dari laman Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Kamis (8/12).

“Terjadi erupsi Gunung Semeru pada Kamis 8 Desember 2022, pukul 05.21 WIB. Tinggi kolom letusan teramati ± 300 meter di atas puncak (± 3.976 meter di atas permukaan laut),” kata Mukdas.

Menurut Mukdas, kolom abu teramati berwarna putih hingga kelabu dengan intensitas sedang sampai tebal ke arah utara. Adapun erupsi terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 19 mm serta durasi 72 detik.

Pihak PVMBG pun mengimbau masyarakat agar tidak melakukan aktivitas apapun di sektor tenggara di sepanjang Besuk Kobokan, sejauh 17 km dari puncak (pusat erupsi).

"Di luar jarak tersebut, masyarakat tidak melakukan aktivitas pada jarak 500 meter dari tepi sungai (sempadan sungai) di sepanjang Besuk Kobokan karena berpotensi terlanda perluasan awan panas dan aliran lahar hingga jarak 19 km dari puncak,” jelasnya.

Di samping itu, Mukdas juga meminta warga tidak beraktivitas dalam radius 8 km dari kawah atau puncak Gunung Api Semeru karena rawan terhadap bahaya lontaran batu (pijar). rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA