Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Aspeksindo Dorong Percepatan Ekonomi Masyarakat Di Kepulauan Dan Pesisir

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/zulhidayat-siregar-1'>ZULHIDAYAT SIREGAR</a>
LAPORAN: ZULHIDAYAT SIREGAR
  • Sabtu, 12 Agustus 2017, 16:12 WIB
Aspeksindo Dorong Percepatan Ekonomi Masyarakat Di Kepulauan Dan Pesisir
Foto/Net
rmol news logo . Himpunan Mahasiswa Pascasarjana Indonesia (HMPI) mendorong terbentuknya Asosiasi Pemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir Seluruh Indonesia (Aspeksindo).

HMPI menggelar Kongres Nasional Maritim (Konasmi) pada 9 sampai 11 Agustus 2017 di Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Ketua Umum DPP HMPI, Andi Fajar Asti mengatakan, sebagai organisasi kemahasiswaan, HMPI yang berbasis pada perguruan tinggi tentu sangat dituntut untuk mendorong lahirnya gagasan kontsruktif demi kemajuan bangsa.

Termasuk HMPI bertanggung jawab sebagai agen perubahan memperbaiki tatanan dan pengelolaan sumber daya alam Indonesia. Sehingga sangat pantas kemudian HMPI mengumpulkan pemerintah daerah kepulauan dan pesisir seluruh Indonesia dalam Konasmi agar terjadi perbaikan pada pengelolaan sumber daya laut dan pantai yang berkelanjutan.

"Dan inilah yang menjadi cikal bakal lahirnya Deklarasi Piagam Maritim oleh 47 Aspeksindo," ujar Fajar Asti dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (12/8).

Harapan terbesar dari acara tersebut adalah bagaimana menyatukan visi kemaritiman untuk mendesain kesejahteraan masyarakat kepulauan dan pesisir yang lebih berkeadilan sosial.

"Aspeksindo juga akan mendorong percepatan ekonomi masyarakat wilayah kepulauan dan pesisir sehingga. Tentu peran Aspeksindo selain fungsi ekonomi juga sangat membantu pemerintah pusat untuk melindungi kedaulatan NKRI melalui pemetaan potensi ancaman politik luar negeri," demikiam Fajar Asti. [rus]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA