BPN Jakarta Selatan Terus Tingkatkan Pelayanan untuk Masyarakat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Kamis, 17 April 2014, 15:39 WIB
BPN Jakarta Selatan Terus Tingkatkan Pelayanan untuk Masyarakat
gembon joko wuryanto/dok
rmol news logo Kantor Pertanahan Kota Administrasi Jakarta Selatan (BPN) tengah berbenah agar pelayanan kepada masyarakat menjadi lebih maksimal.

Berbagai perubahan dilakukan mulai dari penataan bangunan kantor yang dibuat semakin nyaman dan asri, serta peningkatan pelayanan petugas BPN Jaksel kepada setiap masyarakat yang datang untuk mengurus permohonan hak atas tanah. Salah satu program pelayanan yang akan direalisasikan adalah program Pesat atau “Pelayanan Sabtu Cepat".

"Jadi mulai Sabtu mendatang (26 April 2014), kantor kami akan buka dari pukul 08.00 hingga pukul 12.00 untuk memberikan pelayanan  kepada masyarakat (Pemohon langsung, tanpa Surat Kuasa) yang tidak sempat mengurus hak-hak atas tanah di hari kerja, " terang Kepala Kantor (Kakan) BPN Jaksel, Gembong Joko Wuryanto saat ditemui di kantornya, Jaksel, Kamis, (16/4).

Gembong mengatakan, langkah-langkah perubahan ini diambil sesuai Instruksi Kepala BPN RI Nomor 1/Ins/II/2013 tentang Percepatan Pelaksanaan Program Strategis Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesia Tahun 2013.

"BPN akan berarti kalau masyarakat percaya, trust building kepada institusi akan tercipta karena itu diperlukan profesionalisme. Kami ingin memberikan konstribusi yang terbaik untuk masyarakat," tegas Gembong yang didamping Kepala Sub Bagian Tata Usaha Taufik Rokhman, Agus Setiyadi selaku kepala Seksi Hak Tanah dan Pendaftaran Tanah, dan Yana Benyamin selaku Kepala Sub Seksi Peralihan, Pembebanan Hak dan PPAT.

Tak tanggung-tanggung, Kantor BPN Jaksel juga akan memberikan Night Service atau Pelayanan Malam Hari di waktu-waktu tertentu. Bahkan untuk mempermudah pengecekan berkas-berkas, pemohon bisa mengaksesnya melalui website www.kot-jakartaselatan.bpn.go.id.

"Dengan mengaktifkan pelayanan melalui website maka setiap berkas yang masuk di BPN Jakarta Selatan dapat dimonitor dari waktu ke waktu oleh setiap pemohon yang memasukan berkas permohonannya," ujar Gembong.

Ditegaskannya, pihaknya dituntut lebih profesional. Kalau sudah masuk web, tidak ada kata tidak, karena ini merupakan sebuah pengabdian kepada Merah Putih dan Masyarakat Kota Administrasi Jakarta Selatan, khususnya yang memerlukan pelayanan legalisasi asset propertinya dalam bentuk Sertipikat Hak Atas Tanah.

Di tempat yang sama, Taufik menambahkan, untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat maka pegawai BPN akan diberikan berbagai pelatihan. Ada tiga program pembinaan yang disiapkan yakni bagaimana memberikan pelayanan yang terbaik, melatih kekompakan tim melalui outbond, serta pelatihan ESQ.

"Kita ingin memberikan manfaat sebesar-besarnya, multiplayer impact seperti pengadaan warung-warung fotokopi. Tempat kita ini agak terpencil kalau belum pernah pasti bingung. Kemudian peningkatan sarana prasarana, tahun ini kami mau standar pemadam kebakaran dipenuhi juga," papar Taufik

Dan dalam tahun ini, lanjut Taufik, pihaknya dengan dukungan dari Walikota Jakarta Selatan akan membuat jalan tembus menuju Kantor BPN Jakarta Selatan agar masyarakat semakin mudah mencapai Kantor BPN.

"Saat ini sudah dalam tahap pembahasan dengan P2T Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan untuk proses pembukaan akses jalan masuk menuju ke kantor yang terletak di Jalan H. Alwi, Tanjung Barat, Jagakarsa, Jakarta Selatan," jelas Taufik Rokhman.[wid]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

FOLLOW US

ARTIKEL LAINNYA