Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Fakta Baru Terungkap, Astronot Rentan Mengalami Sakit Kepala di Ruang Angkasa

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 16 Maret 2024, 14:57 WIB
Fakta Baru Terungkap, Astronot Rentan Mengalami Sakit Kepala di Ruang Angkasa
Ilustrasi/Net
rmol news logo Para astronot yang sedang melakukan misi luar angkasa berpotensi mengalami sakit pada kepala mereka.

Hal itu diketahui setelah dilakukan penelitian kepada 24 astronot dari badan antariksa AS, Eropa, dan Jepang, yang melakukan perjalanan di Stasiun Ruang Angkasa Internasional (ISS) hingga 26 minggu. Semua, kecuali dua dari mereka, mengaku mengalami sakit kepala selama di ruang  angkasa.

Proporsi ini lebih besar dari perkiraan para peneliti berdasarkan bukti anekdotal sebelumnya. Sakit kepala ini terjadi tidak hanya selama beberapa minggu pertama di ruang angkasa saat tubuh menjalani proses adaptasi terhadap gaya berat mikro, tetapi juga di kemudian hari.

Sakit kepala yang terjadi pada periode awal seringkali tampak seperti migrain, sedangkan sakit kepala yang dialami setelah perjalanan ruang angkasa lebih mirip sakit kepala tegang, demikian temuan studi tersebut.

“Kami berhipotesis bahwa mekanisme berbeda terlibat pada episode sakit kepala awal - satu hingga dua minggu pertama di ruang angkasa – dibandingkan episode sakit kepala setelahnya,” kata ahli saraf WPJ van Oosterhout dari Zaans Medical Center dan Leiden University Medical Center di Belanda, penulis utama dari penelitian yang diterbitkan minggu ini di jurnal Neurology, seperti dikutip dari CGTN, Sabtu (16/3).

“Pada minggu pertama, tubuh harus beradaptasi dengan kurangnya gravitasi, yang dikenal sebagai sindrom adaptasi ruang angkasa. Fenomena ini mirip dengan mabuk perjalanan, dan dapat menyebabkan mual, muntah dan pusing, serta sakit kepala,” kata Van Oosterhout.

Ahli mengatakan, sakit kepala yang terjadi kemudian bisa disebabkan oleh peningkatan tekanan intrakranial. Karena gaya berat mikro, ada lebih banyak cairan yang terakumulasi di bagian atas tubuh dan kepala, sehingga tekanan di tengkorak menjadi lebih tinggi.

Para astronot yang diteliti, 23 pria dan satu wanita, dengan usia rata-rata sekitar 47 tahun berada di ISS untuk misi yang berlangsung dari November 2011 hingga Juni 2018, dengan total 378 sakit kepala yang dilaporkan oleh 22 dari 24 astronot selama total 3.596 hari di orbit.

Tak satu pun dari 24 orang tersebut melaporkan sakit kepala dalam tiga bulan setelah kembali ke Bumi.

Peserta termasuk tiga belas astronot berasal dari NASA, enam dari Badan Antariksa Eropa, dua dari Badan Eksplorasi Dirgantara Jepang dan satu dari Badan Antariksa Kanada. Tidak ada yang pernah didiagnosis menderita migrain sebelum misi ruang angkasa dan tidak ada yang memiliki riwayat sakit kepala berulang.

Spektrum dampak perjalanan ruang angkasa yang terdokumentasi meliputi atrofi tulang dan otot, perubahan pada otak, sistem kardiovaskular dan sistem kekebalan tubuh, masalah pada sistem keseimbangan di telinga bagian dalam, dan sindrom yang melibatkan mata. Risiko kanker akibat paparan radiasi yang lebih besar di luar angkasa juga menjadi kekhawatiran lainnya.

Para ahli tidak yakin seberapa besar hambatan yang mungkin ditimbulkan oleh dampak ini terhadap perjalanan manusia ke ruang angkasa dalam jangka waktu lama, misalnya perjalanan ke planet tetangga kita, Mars, atau lebih jauh lagi.

“Jawaban jujurnya adalah kita tidak mengetahui dampak perjalanan ruang angkasa dalam jangka waktu lama – mungkin bertahun-tahun – terhadap tubuh manusia,” kata Van Oosterhout.

“Jelas, bahwa bahkan paparan gaya berat mikro dalam jangka pendek (berhari-hari atau berminggu-minggu) hingga jangka menengah (berminggu-minggu atau berbulan-bulan) sudah memiliki beberapa efek, sebagian besar bersifat reversibel, pada tubuh manusia. Ini adalah tugas yang jelas untuk bidang ruang angkasa obat-obatan," ujarnya. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA