Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dokter Taiwan Keluarkan 300 Batu Ginjal dari Pasien yang Suka Minuman Boba

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Jumat, 15 Desember 2023, 19:38 WIB
Dokter Taiwan Keluarkan 300 Batu Ginjal dari Pasien yang Suka Minuman Boba
Lebih dari 300 batu ginjal yang berhasil dikeluarkan dari ginjal Xiao Yu di Taiwan/Net
rmol news logo Lebih dari 300 batu dikeluarkan dari ginjal seorang perempuan berusia 20 tahun di Taiwan bernama Xiao Yu setelah melewati proses operasi di rumah sakit Chi Mei.

Mengutip The Independent pada Jumat (15/12), Yu awalnya mengalami gejala demam dan sakit punggung parah. Setelah di-USG, dia didiagnosa mengalami pembengkakan pada ginjal.

Hasil CT scan memperlihatkan batu tersebut berukuran antara 5 mm dan 2 cm. Selain itu, tes darah juga menunjukkan peningkatan jumlah sel darah putih.

Dokter urologi yang menangani pasien batu ginjal yakni Lim Chye-yang menyebut Yu kerap mengkonsumsi banyak minuman boba dari pada air putih.

Padahal, dijelaskan Chye-yang, penyakit batu ginjal disebabkan oleh kurangnya asupan cairan sehingga urin menjadi lebih pekat dan menciptakan kristal di ginjal.

Chye-yang menambahkan bahwa kasus batu ginjal lebih sering terjadi pada musim semi dan musim panas akibat dehidrasi akibat cuaca panas.

Kemudian berdasarkan penelitian, laki-laki dilaporkan tiga kali lebih mungkin terkena batu dibandingkan perempuan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA