Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

KPK Bakal Bongkar Keterlibatan Pengusaha Suryo yang Juga Terseret Pembocoran Dokumen

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jamaludin-akmal-1'>JAMALUDIN AKMAL</a>
LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Senin, 10 Juli 2023, 09:43 WIB
KPK Bakal Bongkar Keterlibatan Pengusaha Suryo yang Juga Terseret Pembocoran Dokumen
Jurubicara Bidang Penindakan dan Kelembagaan KPK, Ali Fikri/Net
rmol news logo Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memastikan pihaknya akan membongkar keterlibatan seorang pengusaha bernama Suryo yang sebelumnya juga sempat disebut terlibat dalam pembocoran dokumen KPK.

Hal itu disampaikan Jurubicara Bidang Penindakan dan Kelembagaan KPK, Ali Fikri menanggapi munculnya nama Suryo dalam surat dakwaan terdakwa Dion Renata Sugiarto selaku pengusaha di bidang jasa konstruksi dan menjabat sebagai Direktur PT Istana Putra Agung (IPA) dan punya perusahaan lain, yakni PT Prawiramas Puri Prima dan PT Rinenggo Ria Raya dalam kasus dugaan suap di Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA), Kementerian Perhubungan.

"Nanti Jaksa KPK tentu akan membuktikan seluruh fakta-fakta (keterlibatan Suryo) yang ada dalam surat dakwaan dimaksud," ujar Ali kepada Kantor Berita Politik RMOL, Senin (10/7).

Ali menjelaskan, fakta-fakta yang terungkap di surat dakwaan tersebut disusun oleh tim Jaksa Penuntut Umum (JPU) KPK berdasarkan hasil proses penyidikan yang sudah berlangsung di KPK.

"Sehingga semua akan dibuka pada proses di Pengadilan Tipikor," pungkas Ali.

Nama Suryo selaku pengusaha yang sempat menyerahkan dokumen KPK kepada Kabiro Hukum Kementerian ESDM, Muhammad Idris Froyoto Sihite, juga disebut menerima uang suap proyek di DJKA.

Penelusuran Kantor Berita Politik RMOL, nama Suryo dengan orang yang sama seperti diungkap Dewas KPK turut menerima uang suap mencapai Rp9,5 miliar. Hal itu terungkap dalam surat dakwaan untuk terdakwa Dion yang sudah dibacakan tim JPU KPK di Pengadilan Tipikor Semarang pada Senin (3/7).

Terdakwa Dion didakwa telah memberikan uang sebesar Rp18,95 miliar kepada Suryo, Bernard Hasibuan, dan Putu Sumarjaya agar Bernard Hasibuan dan Putu mengatur pelelangan supaya terdakwa mendapatkan paket pekerjaan.

Paket pekerjaan yang dimaksud, yakni pembangunan jalur ganda KA antara Solo Balapan-Kadipiro-Kalioso KM 96+400 sampai dengan KM 104+900 (JGSS 6) tahun 2022, pembangunan jalur ganda KA elevated antara Solo Balapan-Kadipiro KM 104+900 sampai dengan KM 106+900 (JGSS 4) tahun 2022, dan Track Layout Stasiun Tegal (TLO Tegal) 2023. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA