Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Angka Anak Tidak Sekolah Tinggi, Sepertiga Pakistan Hilang

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jonris-purba-1'>JONRIS PURBA</a>
LAPORAN: JONRIS PURBA
  • Jumat, 04 Oktober 2024, 07:31 WIB
Angka Anak Tidak Sekolah Tinggi, Sepertiga Pakistan Hilang
Ilustrasi anak sekolah dasar.
rmol news logo Di saat Pakistan berjuang mendaftarkan jutaan anak putus sekolah, studi yang dilakukan Aliansi Pakistan untuk Matematika dan Sains menemukan fakta menarik bahwa lebih dari 25 persen anak yang tidak terdaftar terkonsentrasi di 45 distrik di seluruh negeri.

Aliansi lantas mendesak pemerintah campur tangan di tingkat distrik untuk mengurangi jumlah anak yang tidak bersekolah.

Menurut The Dawn, berdasarkan pada temuan studi ini, Pakistan memiliki 25,3 juta anak berusia antara lima dan 16 tahun yang tidak bersekolah. Dari angka itu, 79 persen di tidak pernah bersekolah dan 21 persen putus sekolah pada berbagai tahap.

“Proporsi tertinggi anak-anak yang tidak pernah bersekolah adalah mereka yang berusia 5-9 tahun. Ini mengancam tingkat literasi Pakistan di masa mendatang,” kata studi tersebut.

Laporan berdasarkan sensus tahun 2023 yang diberi label “Sepertiga Pakistan Hilang” dan melakukan analisis tingkat distrik, mengidentifikasi 10 distrik teratas dan 10 terbawah sehubungan dengan anak-anak putus sekolah.

Menteri Pendidikan Mohyuddin Ahmad Wani mengatakan kepada The Dawn bahwa pemerintah federal telah mulai bekerja untuk mengatasi masalah tersebut.

“Temuan laporan ini akan disampaikan kepada Gugus Tugas Pendidikan untuk menetapkan target baru. Pemerintah federal dan provinsi sepakat untuk menyelesaikan masalah ini,” katanya saat mengomentari studi tentang anak-anak putus sekolah.

Mengingat hanya 45 distrik yang mencakup seperempat dari anak-anak yang putus sekolah, studi tersebut mengarahkan perhatian para pembuat kebijakan ke ibu kota provinsi yang belum mengatasi masalah tersebut.

Laporan tersebut menyoroti 10 distrik terbawah di Pakistan dalam hal proporsi anak-anak putus sekolah tertinggi.

Menurut studi tersebut, Kot Mandal di Sibi menduduki puncak kategori dengan 91,62 persen anak-anak putus sekolah.

Tol Khulla di distrik Waziristan Selatan memiliki 90,8 persen anak yang tidak bersekolah. Sanni tehsil di Kacchi memiliki 89,1 persen, Battaria di Kolai Palas Kohistan memiliki 88,4 persen, Gichk di Panjgur memiliki 88,3 persen, Talao di Duki memiliki 87,9 persen, dan Kharo Chan di distrik Sujawal di Sindh memiliki 87,8 persen anak putus sekolah.

Tehsil Kandla di Kohistan Hulu, Keti Bunder di Thatta, dan tehsil Chattar di distrik Nasirabad di Balochistan masing-masing memiliki 87 persen anak putus sekolah.

Laporan tersebut menyoroti 45 tehsil tertinggal, yang mencakup 26 persen anak putus sekolah — pada dasarnya seperempat dari total anak di negara tersebut.

Tehsil Muzaffargarh memiliki 610.831 anak putus sekolah, yaitu 42,25 persen. Kabupaten/Kota Lahore memiliki 1.049.800 anak-anak seperti itu (21,68 persen), diikuti oleh kabupaten/kota Rahim Yar Khan dengan 538.667 (41,81) anak-anak yang tidak bersekolah.

Demikian pula, kabupaten/kota Dera Ghazi Khan memiliki 462.285 anak putus sekolah (46,79 persen) dan kabupaten/kota Sadiqabad memiliki 430.131 anak putus sekolah (48,55 persen). Kabupaten/kota Peshawar berada di posisi ke-10 sementara kabupaten/kota lainnya dalam kategori tersebut berada di Punjab.

Di sisi lain, kabupaten/kota Rawalpindi, Jehlum, dan Abbottabad, serta distrik Upper Chitral termasuk di antara yang berkinerja terbaik dengan jumlah anak-anak yang tidak bersekolah terendah.

Kahuta (7,66 persen), Kotli Sattian (8,52 persen), Murree (9,13 persen), Kallar Syedan ??(9,76 persen) berada di Rawalpindi yang persentase anak putus sekolahnya di bawah 10 persen. Mastut di Chitral Hulu hanya memiliki 1,46 persen anak yang tidak bersekolah.

Dina dan Sohawa dari Jhelum, Lora dan Tanawal Hilir dari Abbottabad, dan kabupaten Abbottabad sendiri juga termasuk di antara kabupaten dengan kinerja terbaik dengan jumlah anak putus sekolah terendah. rmol news logo article
EDITOR: JONRIS PURBA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA