Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Gelar Latihan Bersama

Penjaga Pantai AS dan Filipina Unjuk Gigi di LCS

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Minggu, 21 Juli 2024, 02:32 WIB
Penjaga Pantai AS dan Filipina Unjuk Gigi di LCS
Penjaga Pantai Amerika Serikat (AS) dan Filipina di Laut China Selatan (LCS)/Net
rmol news logo Penjaga Pantai Amerika Serikat (AS) dan Filipina telah mengadakan latihan pencarian dan penyelamatan (SAR) bilateral di Laut China Selatan (LCS).

Seperti dikutip Latestly, Sabtu (20/7), Komando Indo-Pasifik AS mengatakan latihan ini bertujuan untuk memperkuat hubungan kedua negara dan bertukar strategi demi menjaga perdamaian di kawasan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka.

"Penjaga Pantai AS bekerja sama dengan Penjaga Pantai Filipina dalam latihan pencarian dan penyelamatan, memperkuat hubungan dan bertukar taktik yang menjaga perdamaian di #FreeAndOpenIndoPacific," tulis lembaga itu dalam cuitannya pada Selasa (16/7).

Latihan tersebut melibatkan personel dari kapal kelas Legenda Penjaga Pantai AS, USCGC Waesche, dan kapal patroli kelas Penjaga Pantai Filipina, BRP Teresa Magbanua. 

Komandan USCGC Waesche, Kapten Tyson Scofield, menyatakan apresiasinya atas latihan bersama itu. 

Menurut dia, latihan ini sangat berguna untuk memastikan kesiapan pasukannya dalam merespons berbagai hal di kawasan tersebut.

“Merupakan suatu kehormatan untuk berlatih bersama mitra kami di Penjaga Pantai Filipina guna memastikan kesiapan kami dalam merespons dan menyelamatkan nyawa di laut. Kami berharap dapat mempererat hubungan kami saat berupaya menjaga Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka,” tuturnya.

Latihan ini mencakup berbagai skenario, termasuk pelatihan pelayaran bersama, pencarian dan penyelamatan (SAR), transfer personel, dan pelayaran bilateral.

Menurut Komando Indo-Pasifik AS, USCGC Waesche merupakan bagian dari Skuadron Penghancur (DESRON) 15, skuadron terbesar Angkatan Laut AS dan kekuatan utama permukaan Armada ke-7 AS.

“Berbagi pembelajaran dan praktik terbaik melalui latihan tatap muka adalah cara terbaik untuk meningkatkan kemampuan operasional kami bersama di lautan,” pungkas Scofield. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA