Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

‘Serangan Pesona’, Bangladesh Menjauhi China?

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jonris-purba-1'>JONRIS PURBA</a>
LAPORAN: JONRIS PURBA
  • Jumat, 05 Juli 2024, 09:23 WIB
‘Serangan Pesona’, Bangladesh Menjauhi China?
Perdana Menteri Bangladengs Sheikh Hasina (kiri) dan Perdana Menteri Narendra Modi.
rmol news logo India telah melancarkan “serangan pesona” untuk menarik Bangladesh dari pelukan Tiongkok. Setelah Perdana Menteri Narendra Modi menjamu Perdana Menteri Sheikh Hasina, dua kali dalam sebulan, panglima Angkatan Laut India yang baru, Laksamana Dinesh Tripathi, memilih Dhaka untuk kunjungan resmi pertamanya.

Di tengah masalah maritim lainnya yang akan dibahas oleh Panglima Angkatan Laut India, Bangladesh telah menandatangani kontrak untuk kapal tunda laut seberat 800 ton dari galangan kapal India. Masih harus dilihat apakah kapal tunda dari Garden Reach Shipbuilders and Engineers (GRSE) Kolkata akan cocok dengan kapal selam serang diesel-listrik Type 035G, varian kelas Ming, yang diberikan ke Bangladesh oleh Tiongkok.

Euroasian Times melaporkan, Tiongkok juga membangun pangkalan kapal selam di Bangladesh, dan jika Angkatan Laut Tiongkok mendapatkan akses ke pangkalan strategis tersebut, hal ini akan menjadi kekhawatiran bagi India, mengingat kedekatannya dengan Komando Angkatan Laut Timur India.

Perdana Menteri Sheikh Hasina adalah kepala negara pertama yang diundang oleh Perdana Menteri Modi setelah pembentukan pemerintahan baru di India. Pemerintah India menawarkan untuk mengelola Proyek Pengelolaan dan Restorasi Komprehensif Sungai Teesta.

Proyek yang diperkirakan menelan biaya 1 miliar dolar AS ini telah menarik minat Tiongkok. Beijing telah mengajukan proposal resmi untuk melaksanakan proyek ini bersama dengan India. Tawaran New Delhi untuk membiayai proyek tersebut berasal dari kebutuhan untuk menjauhkan Tiongkok dari sungai yang mengalir ke India.

Sungai ini juga memiliki kepentingan geopolitik dan geostrategis. Daerah ini lebih dekat dengan koridor “Leher Ayam” yang menghubungkan wilayah timur laut India dengan wilayah lain di negara tersebut.

Dhaka belum memutuskan proyek tersebut. India dan Bangladesh juga telah menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) Dhaka-Delhi mengenai pergerakan kereta api antara Bangladesh dan India. Perjanjian tersebut akan membuka jalan bagi konektivitas kereta api antara India, Bangladesh, Nepal, dan Bhutan.

Perdana Menteri Hasina akan mengunjungi Tiongkok pada 8-11 Juli dalam upaya menyeimbangkan kedua raksasa Asia tersebut.

Dengan latar belakang inilah Panglima Angkatan Laut India mengunjungi Bangladesh, dan hal ini penting untuk mempererat hubungan dengan Bangladesh. Bangladesh telah memutuskan untuk bergabung dengan Indo-Pacific Oceans Initiative (IPOI), sebuah forum yang dipromosikan oleh India agar negara-negara dapat bekerja sama mencari solusi kolaboratif terhadap tantangan bersama di kawasan Indo-Pasifik.

Selama kunjungan lima hari tersebut, Laksamana Tripathi akan membahas parade pingsan di Akademi Angkatan Laut Bangladesh (BNA), Chittagong (sekarang disebut Chattogram), dengan rekannya di Bangladesh, Laksamana M Nazmul Hassan.

Laksamana Tripathi akan bertemu dengan Panglima Angkatan Darat Bangladesh Jenderal Waker-Uz-Zaman dan Panglima Angkatan Udara Bangladesh Marsekal Udara Hasan Mahmood Khan. Sementara itu, kapal perang India INS Ranvir akan berada di Chattogram selama seminggu dan melakukan latihan kemitraan maritim dengan Angkatan Laut Bangladesh.

Tiongkok membantu Angkatan Laut Bangladesh membangun dok kering di Chittagong. Dinamakan pangkalan kapal selam Sheikh Hasina dan terletak di Cox’s Bazar, fasilitas senilai 1,2 miliar dolar AS ini mampu menampung enam kapal selam dan delapan kapal perang sekaligus. Mengingat Angkatan Laut Bangladesh hanya memiliki dua kapal selam Tiongkok, maka fasilitas tersebut diperkirakan akan dibuka untuk kapal selam Tiongkok di masa depan.

Pangkalan tersebut diresmikan oleh Perdana Menteri Bangladesh Hasina pada bulan Maret 2023 dalam sebuah upacara yang dihadiri oleh pejabat Tiongkok dan setidaknya dua perwira senior PLA-N. Dhaka Tribune melaporkan tahun lalu, memungkinkan “pergerakan kapal selam yang aman dan cepat jika terjadi keadaan darurat.” rmol news logo article
EDITOR: JONRIS PURBA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA