Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Umat Muslim Kashmir Peringati Haul Mir Sayyid Ali Hamadani

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jonris-purba-1'>JONRIS PURBA</a>
LAPORAN: JONRIS PURBA
  • Senin, 17 Juni 2024, 08:59 WIB
Umat Muslim Kashmir Peringati Haul Mir Sayyid Ali Hamadani
Wajah Mir Sayyid Ali Hamdani di pecahan uang kertas Tajikistan.
rmol news logo Haul atau urs ke-659 ulama besar aliran Sufi Kubrawiya, Mir Sayyid Ali Hamadani, diperingati di Kashmir, hari Kamis lalu (13/6). Pusat peringatan diselenggarakan di Khanqah-e-Moula di Pusat Kota Srinagar. Dalam sistem kalendar Islam, haul Mir Sayyid Ali Hamdani jatuh pada tanggal 6 Zulhijah.

Mir Sayyid Ali Hamadani lahir di Hamadan, Iran kini, tahun 1312, dan dikenang sebagai penyebar Islam di Kashmir dan wilayah Asia Tengah lainnya. Mir Sayyid Ali Hamadani yang mendapat gelar Shah-e Hamadan atau Raja Hamadan juga Amir-i Kabir atau Panglima Besar meninggal dunia di Swat yang kini merupakan sebuah distrik di Divisi Malakand di Khyber Pakhtunkhwa, Pakistan, dalam perjalanan dari Sinagar menuju Mekah pada tahun 1385.

Jenazah Mir Sayyid Ali Hamdani yang juga disebut sebagai Ali Sani atau Ali Kedua  dimakamkan di Khatlan, Tajikistan kini.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, haul Mir Sayyid Ali Hamadani diramaikan jamaah yang datang dari berbagai tempat di Kashmir.

“Kami mengunjungi tempat ini setiap tahun. Kami sangat menghormati wali yang membawa Islam ke sini. Suasananya damai ketika kita berpartisipasi dalam pertemuan besar dan berdoa untuk kesejahteraan semua orang,” ujar Abdul Aziz, seorang jamaah dari Budgam.

Kashmir Reader melaporkan ribuan jamaah, termasuk orang tua, wanita, dan anak-anak, memadati Khanqah-e-Faiz Panah Tral untuk menghadiri Urs Mir sayyid Ali Hamadani.

Masyarakat dari puluhan desa di Subdivisi Tral dan bagian lain lembah, khususnya Kashmir Selatan, melaksanakan salat di Khanqah-e-Faiz Panah Tral. Benda-benda peninggalan Mir Sayyid Ali Hamadani dipajang setelah shalat sepanjang hari. Ribuan jamaah dengan penuh semangat menunggu untuk melihat sekilas relik suci tersebut. rmol news logo article
EDITOR: JONRIS PURBA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA