Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

PM Singapura Umumkan Susunan Kabinet Baru

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Selasa, 14 Mei 2024, 19:14 WIB
PM Singapura Umumkan Susunan Kabinet Baru
Susunan Kabinet Singapura 2024/CNA
rmol news logo Susunan kabinet Singapura 2024 telah diumumkan jelang pelantikan Perdana Menteri baru, Lawrence Wong.

Mengutip CNA pada Rabu (14/5), nama-nama tokoh yang mengisi jajaran pemimpin Singapura tidak jauh berbeda dari sebelumnya.

Misalnya saja, PM Wong yang masih merangkap jabatan sebagai menteri keuangan, bahkan setelah dia dilantik menjadi PM Singapura pada 15 Mei mendatang.

Dalam konferensi pers hari Senin (12/5), Wong mengatakan bahwa kebijakan itu diambil untuk kesinambungan dan stabilitas jelang akhir masa jabatan para menteri yang bertugas di bawah kepemimpinan PM Lee Hsien Loong.

“Semua menteri sudah mempunyai tugas yang harus diselesaikan, dan beberapa juga baru saja meluncurkan program baru di kementeriannya. Untuk menghindari gangguan saya telah memutuskan untuk mempertahankan peran mereka saat ini hingga akhir masa jabatan," kata Wong.

Sosok Gan Kim Yong yang diangkat Wong sebagai Wakil PM baru cukup menarik perhatian. Dia akan merangkap hingga tiga jabatan yakni Menteri Perdagangan dan Industri, Otoritas Moneter Singapura, dan memikul tanggung jawab atas Grup Strategi di Kantor Perdana Menteri.

Sementara Wakil PM sebelumnya, yakni Heng Swee Keat juga tetap pada posisinya.

Menurut PM Wong, Wakil PM Heng dan Gan sama-sama berpengalaman, keduanya dinilai sangat penting memberikan dukungan yang besar untuk transisi pemerintah Singapura.

“Saya senang mereka akan mendukung saya sebagai wakil saya,” kata Wong, seraya menambahkan bahwa dia menghargai nasihat dan nasihat mereka.

Mengingat bahwa tim barunya merupakan perpaduan antara para menteri yang berpengalaman dan pejabat yang lebih muda, Wong mengatakan ia berencana untuk merotasi para menteri generasi keempat, atau 4G, dari Partai Aksi Rakyat (PAP) ke berbagai portofolio untuk memberi mereka eksposur yang lebih luas dan pengalaman jika partai tersebut dipilih kembali setelah masa pemerintahan ini.

“Kita masih membutuhkan lebih banyak tokoh muda karena beberapa menteri lama kemungkinan besar akan pensiun pada akhir masa jabatan ini atau segera setelahnya. Oleh karena itu, saya secara aktif mencari kandidat baru yang berpotensi untuk menjabat,” kata Wong.

 Menteri Negara Low Yen Ling dipromosikan menjadi Menteri Negara Senior di kementeriannya saat ini: Kementerian Kebudayaan, Komunitas, dan Pemuda , dan Kementerian Perdagangan dan Perindustrian. Dia juga akan terus menjabat sebagai walikota Distrik Barat Daya.

Menteri Luar Negeri Desmond Tan akan dipromosikan menjadi Menteri Senior Negara. Dia akan melanjutkan tugasnya di Kantor Perdana Menteri (PMO) dan Kongres Serikat Buruh Nasional.

Sekretaris Senior Parlemen Rahayu Mahzam akan dipromosikan menjadi Menteri Negara, dan akan menduduki jabatan baru di Kementerian Komunikasi dan Informasi.

Rahayu akan tetap menjabat di Kementerian Kesehatan, namun akan melepaskan jabatannya di Kementerian Hukum.

Kemudian PM sebelumnya yakni Lee Hsien Loong akan tetap di kabinet Singapura sebagai Menteri Senior setelah mengundurkan diri sebagai pemimpin pemerintahan. Dia akan tetap menjadi ketua Dewan Riset, Inovasi dan Perusahaan.

PM Wong akan dilantik pada hari Rabu (15/5) pukul 8 malam di Istana, menjadikannya Perdana Menteri keempat Singapura. Dia akan mengambil alih jabatan Lee yang mengundurkan diri setelah 20 tahun menjabat sebagai pemimpin pemerintahan.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA