Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Delegasi Korea Utara Kunjungi Iran, Spekulasi Kerja Sama Militer Makin Kuat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Rabu, 24 April 2024, 09:51 WIB
Delegasi Korea Utara Kunjungi Iran, Spekulasi Kerja Sama Militer Makin Kuat
Ilustrasi/Net
rmol news logo Di tengah situasi yang menegang di kawasan Timur Tengah, Korea Utara mengirimkan delegasinya untuk menemui para pejabat Iran.

Menurut laporan Kantor Berita Resmi KCNA pada Rabu (24/4), kunjungan itu dipimpin oleh Menteri Hubungan Ekonomi Luar Negeri, Yun Jong Ho yang telah tiba di Teheran sejak Selasa (23/4).

"Delegasi Korea Utara yang dipimpin oleh menteri kabinet perdagangan internasional mengunjungi Iran," bunyi laporan tersebut.

Pertemuan para pejabat Korea Utara dan Iran merupakan hal yang jarang terjadi, semakin memicu spekulasi tentang kerjasama militer di tengah konflik dengan Israel.

Korea Utara dan Iran telah lama dicurigai bekerja sama dalam program rudal balistik, dan mungkin saling bertukar keahlian teknis dan komponen yang digunakan dalam pembuatan rudal balistik.

Laporan Reuters menyebut Iran telah menyediakan sejumlah besar rudal balistik ke Rusia untuk digunakan dalam perangnya dengan Ukraina.

Korea Utara juga diduga memasok rudal dan artileri ke Rusia, meski kedua negara membantah tuduhan tersebut.

Delegasi Korea Utara, Yun sebelumnya pernah menangani hubungan negaranya dengan Suriah.

Yun juga aktif menjalin penguatan hubungan diplomatik dengan Rusia. Awal bulan ini dia memimpin delegasi Korea Utara mengunjungi Moskow. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA