Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Citra Satelit Tunjukkan Kerusakan Pangkalan Militer Israel setelah Serangan Iran

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Senin, 22 April 2024, 10:49 WIB
Citra Satelit Tunjukkan Kerusakan Pangkalan Militer Israel setelah Serangan Iran
Foto satelit yang diambil oleh Planet Labs PBC pada hari Jumat, 19 April 2024, menunjukkan pangkalan udara Nevatim Israel/Net
rmol news logo Gambar satelit yang diambil Planet Labs PBC memperlihatkan kerusakan yang terjadi di pangkalan udara Nevatim di Israel Selatan setelah serangan Iran pekan lalu.

Berdasarkan citra satelit, Associated Press pada Minggu (21/4) melaporkan kerusakan terjadi di jalur taksi (taxiway), dan peralatan konstruksi tampak ditempatkan di sana untuk melakukan perbaikan.

"Terlihat lapisan aspal baru melintasi jalur taksi dekat hanggar di bagian selatan pangkalan udara Nevatim, sekitar 65 kilometer (40 mil) selatan Yerusalem," bunyi laporan tersebut.

Surat kabar Haaretz, mengidentifikasi hanggar (rumah pesawat) di dekatnya merupakan tempat tinggal pesawat kargo C-130 yang diterbangkan oleh skuadron transportasi.

Kendati demikian, kerusakan yang terjadi di pangkalan udara Nevatim masih tergolong kecil meskipun Iran meluncurkan ratusan drone, rudal balistik, dan rudal jelajah.

Pertahanan udara dan jet tempur Israel, yang didukung oleh AS, Inggris, dan negara tetangga Yordania, menembak jatuh sebagian besar tembakan yang datang.
 
Namun demikian, citra satelit itu menunjukkan bahwa persenjataan Iran dapat mencapai Israel.

Sebab, serangan Iran tanggal 13 April menandai serangan militer langsung pertama negara asing terhadap Israel, sejak diktator Irak Saddam Hussein meluncurkan rudal Scud ke Tel Aviv pada Perang Teluk tahun 1991.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA