Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Update Bom Bunuh Diri Bisham, Sejumlah Pejabat Senior Polisi Diberi Sanksi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jonris-purba-1'>JONRIS PURBA</a>
LAPORAN: JONRIS PURBA
  • Selasa, 09 April 2024, 04:40 WIB
Update Bom Bunuh Diri Bisham, Sejumlah Pejabat Senior Polisi Diberi Sanksi
Foto yang memperlihatkan kendaraan yang mengangkut pekerja Tiongkok yang meledak dan jatuh ke dalam jurang di Jalan Raya Karakoram, Bisham, Pakistan, 26 Maret.
rmol news logo Insiden serangan bom bunuh diri di Kota Bisham, Distrik Shangla Khyber Pakhtunkhwa, yang merenggut nyawa lima insinyur Tiongkok dan satu warga negara Pakistan telah mengganggu iklim investasi di Pakistan.

Geo News melaporkan, dari investigasi awal terhadap serangan mematikan tanggal 26 Maret itu diperoleh informasi bahwa kendaraan yang digunakan para pekerja konstruksi itu tidak tahan peluru atau tahan bom.

“Seorang pembom bunuh diri menabrakkan kendaraan berisi bahan peledak ke konvoi warga negara asing yang sedang dalam perjalanan dari Islamabad ke kamp mereka di Dasu, Shangla,” antara lain disebutkan dalam laporan yang mengutip pernyataan Inspektur Jenderal Distrik (DIG) Malakand pada tanggal 4 April.

Menurut Geo News, polisi Khyber Pakhtunkhwa mengirimkan laporan kedua tentang insiden tragis tersebut kepada pemerintah federal.

Dalam laporan kedua itu terungkap bahwa bus yang menjadi sasaran serangan itu sedang melaju pada jarak 15 kaki dari bus lain dan jatuh ke dalam selokan sedalam 300 kaki setelah seorang pelaku bom bunuh diri menabrakkan kendaraannya yang berisi bahan peledak ke  kendaraan yang membawa para korban di Jalan Raya Karakoram.

Laporan tersebut juga mencatat bahwa bus yang mengangkut warga negara Tiongkok dilengkapi dengan kamera televisi sirkuit tertutup (CCTV).

Perkembangan ini mengikuti arahan Perdana Menteri Shehbaz Sharif agar sejumlah pejabat senior polisi mendapatkan sanksi karena kelalaian dalam menyusul laporan penyelidikan sebelumnya.

“PM telah mengarahkan untuk mengambil tindakan terhadap Petugas Polisi Daerah (RPO) Divisi Hazara, Petugas Polisi Distrik Kohistan Atas dan Kohistan Bawah; Direktur Keamanan Proyek Pembangkit Listrik Tenaga Air Dasu; dan Komandan Unit Keamanan Khusus Khyber Pakhtunkhwa dalam waktu 15 hari,” ujar Menteri Penerangan Attaullah Tarar saat berbicara kepada media di Lahore.

Selain itu, laporan tersebut mengatakan bahwa pihak berwenang telah mengumpulkan sisa-sisa kendaraan yang digunakan oleh penyerang untuk menargetkan konvoi Tiongkok di lokasi kejadian, yang terletak sekitar enam atau tujuh kilometer jauhnya dari kantor polisi Bisham dan bendungan Dassu.

Awal pekan ini, Geo News mengutip informasi orang dalam, mengungkapkan “penangkapan” lebih dari 10 teroris dan kaki tangannya terkait dengan serangan fatal yang dilakukan oleh Departemen Kontra Terorisme (CTD). rmol news logo article

Sumber CTD lebih lanjut mengungkapkan bahwa pemimpin teroris, yang bertanggung jawab mengangkut pelaku bom bunuh diri dari Afghanistan ke Pakistan, telah ditangkap, bersama dengan empat fasilitator lainnya.

Penangkapan tersebut terjadi ketika para pemimpin sipil dan militer di negara tersebut bereaksi keras terhadap serangan tersebut, dan bersumpah bahwa para pelaku yang bertanggung jawab atas serangan keji tersebut akan diadili.

PM Shehbaz telah mengarahkan pihak berwenang terkait untuk memberikan keamanan yang sangat mudah bagi warga negara Tiongkok di Pakistan melalui rencana aksi komprehensif untuk audit berkala terhadap prosedur operasi standar keamanan. rmol news logo article
EDITOR: JONRIS PURBA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA